Malaysia Open 2024: Emosi Jadi Penyebab Fajar/Rian Gagal
Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tak bisa mengontrol emosi di perempat final Malaysia Open 2024 (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto membeberkan tidak bisa mengontrol emosi di lapangan menjadi penyebab mereka tersingkir di babak perempat final Malaysia Open 2024.

Pasangan juara bertahan tersebut dipastikan gagal mempertahankan gelar mereka setelah kalah rubber game 21-16, 17-21, dan 18-21 melawan Liang Wei Keng/Wang Chang di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Jumat, 12 Januari 2024.

"Kami kurang puas dengan hasilnya dan sisi luar permainannya. Kami harus bisa lebih mengontrol emosi agar performa tetap stabil," kata Fajar.

Pada gim pertama, Fajar/Rian sebenarnya bisa tampil menguasai pertandingan. Kesalahan lawan membuat mereka tidak terkejar setelah kedudukan sama 8-8.

Pada gim kedua mereka kembali memimpin lawan sampai interval. Namun, setelah itu mereka terlalu terburu-buru ingin mendapat poin yang justru malah menjadi masalah buat mereka.

Kemenangan pada gim kedua membuat Liang/Wang semakin percaya diri di gim penentuan. Sebaliknya, Fajar/Rian justru tampil dalam tekanan.

"Pada gim ketiga mereka mendapat second win-nya dan kembali percaya diri sehingga bermain lebih in. Kami tidak bisa keluar dari tekanan," kata Fajar.

Ini merupakan kekalahan kedua beruntun yang didapat Fajar/Rian melawan wakil China itu. Kekalahan sebelumnya terjadi di BWF World Tour Finals 2023.

Kekalahan Fajar/Rian membuat Indonesia kehabisan wakil di ajang berlevel Super 1000 ini. Sebelumnya, satu wakil Indonesia lainnya, yakni Gregoria Mariska Tunjung, sudah terlebih dahulu kalah.