Hattrick Milik Hancurkan Frosinone, Juventus ke Semifinal Coppa Italia
Striker Arkadiusz Milik mencetak hattrick yang membawa Juventus menang telak 4-0 atas Frosinone di Coppa Italia. (X/@juventusfc)

Bagikan:

JAKARTA - Striker Juventus Arkadiusz Milik mencetak hattrick yang menghancurkan Frosinone 4-0 di laga perempat final Coppa Italia di Stadion Allianz. Kemenangan di laga yang digelar pada Jumat, 12 Januari dini hari WIB, membawa Juve melangkah ke semifinal menghadapi Lazio.

Performa gemilang ditunjukkan Milik yang ini lebih sering duduk di bench. Saat kompatriotnya Robert Lewandowski mencetak gol yang mengantarkan Barcelona ke final Piala Super Spanyol, Milik yang juga striker timnas Polandia ini membawa Juve membuka peluang meraih Coppa Italia.

Kemenangan atas Frosinone setidaknya mengulangi sukses Juve saat menaklukkan lawan sama di kompetisi Serie A Italia, Desember 2023.

Saat itu, Juve agak susah-payah menang 2-1. Dan, gol Dusan Vlahovic menjadi penentu kemenangan.

Kali ini, Bianconeri relatif lebih mudah mengatasi perlawanan tim promosi ini. Pertandingan baru berjalan 11 menit, Juve sudah unggul dari titik penalti.

Wasit menghadiahkan penalti setelah gelandang Fabio Miretti melakukan pelanggaran. Milik membuka pesta kemenangan Juve setelah sukses mengecoh kiper Michele Cerofolini.

Gol cepat itu menaikkan andrenalin pemain Juve untuk memperbesar keunggulan. Tak lama berselang atau tepatnya di menit 38, Milik mencetak gol kedua.

Penyerang berusia 29 ini menunjukkan aksi individu dengan mengontrol bola secara brilian saat menerima umpan silang dari Weston McKennie.

Dari umpan ciamik itu, dia melepaskan tendangan dari jarak dekat yang membobol gawang lawan. Skor berubah menjadi 2-0 dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, Juve yang bermain di kandang sendiri tak menurunkan tempo permainan.

Hasilnya gol cepat kembali terjadi. Milik mencetak gol ketiga sekaligus melengkapi hattrick setelah menyelesaikan assist Manuel Locatelli yang memanfaatkan kesalahan pemain belakang Frosinone.

Milik sesungguhnya kembali membobol gawang lawan. Namun kali ini, golnya dianulir karena mantan striker Napoli ini dalam posisi offside.

Bintang muda Turki Kenan Yildiz yang kemudian melengkapi kemenangan La Vecchia Signora di menit 61. Dirinya menyambut assist, lagi-lagi, dari McKennie lewat sentuhan pertamanya.

Skor menjadi 4-0 untuk Juve dan bertahan sampai akhir laga. Juve pun mencatat rekor untuk kelima kalinya secara berturut-turut melangkah ke semifinal.

"Saya berterima kasih kepada pemain yang bermain sangat bagus dan bisa menghibur penonton," kata pelatih Juve Massimiliano Allegri menanggapi kemenangan tim.

"Yang paling penting adalah pemain harus memahami dan menyadari untuk tetap fokus pada pertandingan, bermain keras dan bertahan dengan baik," ucapnya.

Di semifinal, Juve berhadapan dengan Lazio yang menyingkirkan rival satu kota, AS Roma, setelah menang 1-0 dalam Derby della Capitale.

Sedangkan Fiorentina bertemu Atalanta pada semifinal lain. Final Coppa Italia digelar di Stadion Olimpico, 15 Mei 2024.