Dortmund Resmi Pinjam Jadon Sancho dari Manchester United
Pemain sayap Manchester United Jadon Sancho dipinjamkan Borusia Dortmund. (X/@BVB)

Bagikan:

JAKARTA - Borussia Dortmund resmi meminjam eks pemainnya Jadon Sancho dari Manchester United. Sancho mengaku senang kembali ke klub lama dan berharap bisa 'kembali bermain dengan senyum'.

Sancho akhirnya terlepas beban berat setelah tidak pernah bermain selama empat bulan. Perseteruan dengan manajer Erik ten Hag membuat dirinya diasingkan di klub.

Ten Hag pun menghukumnya dengan tidak mengizinkan Sanco ikut latihan. Pemain berusia 23 ini juga tak boleh memakai semua fasilitas untuk tim utama.

Dirinya pun hanya bisa berlatih dengan tim yunior MU. Begitu pula saat makan, Sancho harus bergabung dengan pemain yunior

Hukuman paling berat bagi Sancho tak lain gagal bermain bersama MU. Ten Hag sudah memastikan selama Sancho tidak meminta maaf kepada dirinya atas pernyataannya di media sosial, dia tidak akan dimainkan.

Sancho memilih untuk keluar demi menyelamatkan kariernya. Meski diminati sejumlah klub, namun Sancho akhirnya bergabung dengan eks klubnya.

Apalagi Dortmund memang bergerak cukup cepat untuk mendapatkan pemain tersebut. Hanya, Dortmund meminjam Sancho sampai enam bulan ke depan.

"Sancho kembali ke Jerman untuk sementara waktu. Kami berharap pemain timnas Inggris yang memiliki caps 23 ini meraih sukses di sisa musim," demkian keterangan dari MU.

Sebagai pemain pinjaman, MU tetap mmbayar gaji Sancho. Hanya, MU cukup merogoh kocek 100 ribu poundsterling atau 1,9 miliar rupiah setiap pekan untuk gaji sang pemain. Sedangkan sisanya yatu 190 ribu poundsterling dibayar Dortmund.

Meski harus memberi gaji pemain, MU tetap mendapat penerimaan yaitu sebesar 3 juta poundsterling. Namun angka itu bisa bertambah menjadi 3,4 juta poundsterling berdasarkan performa dan pencapaian Sancho di Dortmund.

Sancho mengaku senang bisa kembali ke klub lama. Dirinya bergabung dengan Die Borussien pada 2017 dan kemudian pindah ke MU pada 2022. Sancho sukses mengemas 50 gol selama 130 penampilan di Dortmund.

"Saat saya masuk ruang ganti, saya sudah merasa seperti di rumah. Saya sudah tidak sabar bertemu dengan rekan tim. Saya sudah rindu ingin masuk lapangan dan kembali bermain dengan senyum di wajah," ujar Sancho.

"Saya siap memberikan assist atau mencetak gol dan membawa tim lolos ke Liga Champions," ucapnya.

Dortmund sendiri hanya meminjam Sancho sampai akhir musim ini. Tidak ada opsi mempermanenkan Sancho atau menambah durasi peminjaman.