Profil Jadon Sancho Winger MU Berselisih dengan Manajer Erik Ten Hag
Pemain Manchester United Jadon Sancho/INSTAGRAM @sanchooo10

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jadon Sancho, winger Manchester United, harus diasingkan oleh klubnya setelah berselisih dengan manajer Erik ten Hag. Permasalahan bermula dari absennya Sancho sat MU melawat ke kandang Arsenal pada awal bulan September. Lantas seperti apa profil Jadon Sancho?

"Jadon Sancho akan tetap menjalani program latihan individu, terpisah dari tim utama, sambil menanti penyelesaian masalah kedisiplinan di dalam skuad," tulis pernyataan resmi MU pada Kamis (14/9).

Kisruh yang tengah terjadi di tubuh MU pun cukup menghebohkan para penggemar setan merah. Nama Jadon Sancho pernah beberapa kali mencuri perhatian sebagai pemain mudah aksi memukau di lapangan. Profil Jadon Sancho dan perjalanan kariernya menarik untuk disimak. 

Profil Jadon Sancho

Jadon Malik Sancho lahir di London, Inggris, pada 25 Maret 2000. Jadon Sancho lahir dari pasangan yang berasal dari Trinidad dan Tobago yang bermigrasi ke Inggris. Saat masih muda, Jadon merupakan penggemar dari klub sepak bola Chelsea. 

Jadon Sancho sudah menunjukkan ketertarikan di dunia sepak bola sejak usia sangat muda. Saat masih mengenyam jenjang Sekolah Dasar, Jadon sudah bergabung dengan tim sepak bola lokal di sekolahnya. Di lingkungan rumah pun, dirinya aktif bermain bola di gang-gang kecil dan jalan. 

Saat kecil, Jadon Sancho sudah menempa skill sepak bola junior bergabung dengan Watford ketika berusia 17 tahun. Namun Jadon pindah akomodasi yang disediakan oleh Watford dan mulai mengikuti sekolah mitra Harefield Academy sebagai asrama saat berumur 11 tahun. 

Perjalanan Karier Jadon Sancho

Karier sepak bola Jadon Sancho diawali di Watford selama beberapa tahun hingga beranjak remaja. Pada tahun 2014, Manchester City tertarik dengan Sancho dan akhirnya memboyong pemuda berusia 14 tahun tersebut. Namun bersama Manchester Biru, dirinya gagal menunjukkan performa gemilang. 

Jadon Sancho kemudian memutuskan merumput di liga Jerman atau Bundesliga bergabung dengan klub Borussia Dortmund. Sancho menjadi salah satu pemain yang bersinar di Dortmund. Ia berhasil menorehkan sejumlah gol fantastis untuk membawa klubnya memenangkan laga.

Menjadi orang Inggris pertama yang berlaga di Bundesliga untuk Dortmund, Jadon Sancho berhasil melebarkan sayapnya. Ia turut membawa Borussia Dortmund memenangkan DFB-Pokal pada musim 2020-2021 dan DFL-Supercup pada 2019. 

Pada tahun 2021, Sanco mengarahkan perjalan kariernya kembali ke Inggris. Pada 1 Juli 2021, MU telah menuai kesekapan dengan Dortmund untuk transfer Sancho. Pemain asal Inggris tersebut menandatangani kontrak untuk lima tahun dengan opsi satu tahun lagi. 

Sancho yang mengenakan jersey bernomor 25 memulai debut bersama MU pada tanggal 14 Agustus 2021. Sancho berhasil menjebloskan gol pertama pada 23 November saat melawan Villareal dalam sistem penyisihan di liga Champions. 

Karier Jadon Sancho Bersama Timnas Inggris

Selain membela sejumlah klub besar di liga Eropa, Jadon Sancho juga dipanggil untuk memperkuat timnas Inggris. Sancho pertama kali diminta tampil bersama Inggris pada saat berusia 16 tahun. Berikut ini perjalanan karier dan kontribusi Sancho bersama negaranya:

  • England U16 (2015 – 2016)
  • England U17 (2016 – 2017)
  • England U19 (2017 – 2018)
  • England (2018 – Sekarang)

Demikianlah profil Jadon Sancho dan perjalanan kariernya di dunia sepak bola. Jadon Sancho merupakan salah satu pemain muda andalan timnas yang menambah daya gedor Inggris. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.