Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Padang-Sicincin Beroperasi Juli 2024
Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin ditargetkan selesai pada Juli 2024. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin dapat selesai dan beroperasi pada Juli mendatang.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan, saat ini progres pembebasan lahan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin hampir rampung dan telah mencapai 92,6 persen. Sementara, progres konstruksinya sudah mencapai 47,22 persen.

"Ditargetkan Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin dapat selesai dan fungsional pada Juli 2024. Sehingga, dapat mendukung jalur logistik dan jalur pariwisata yang berdampak pada peningkatan perekonomian di Provinsi Sumatera Barat dan Riau," kata Hedy dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 11 Januari.

Hedy mengatakan, Tol Pekanbaru-Padang Seksi 1 Padang-Sicincin akan terbagi menjadi 2x2 lajur pada tahap awal. Seksi ini akan memiliki tiga gerbang tol yang berada pada STA 1+800, STA 19+000 dan STA 35+800.

"Seksi ini juga akan memiliki satu pasang Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/ Rest Area) Tipe A yang berada di STA 23+000," ujarnya.

Pembangunan Tol Pekanbaru-Padang dilaksanakan oleh PT Hutama Karya (Persero) melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol yang ditandatangani pada Oktober 2017 silam dengan nilai investasi sebesar Rp9,729 triliun.

Diketahui, Tol Pekanbaru-Padang memiliki total panjang 254 kilometer (km) dengan rincian Seksi 1 Padang-Sicincin, Seksi 2 Sicincin-Bukittinggi, Seksi 3 Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi 4 Payakumbuh-Pangkalan, Seksi 5 Pangkalan-Bangkinang dan Seksi 6 Bangkinang-Pekanbaru.

Adapun pada 2024, Kementerian PUPR menargetkan operasional Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Koridor Utama, seperti Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (sebagian Seksi 2-Seksi 4), Binjai-Langsa Seksi 2 Kisaran-Indrapura, dan Padang-Pekanbaru (Bangkinang-Pangkalan).

Kemudian, Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 1 Betung-Jambi Seksi Bayung Lencir-Tempino, Padang-Pekanbaru (Padang- Sicincin) dan Binjai-Langsa (Seksi 3).