Irak Salah Satu Tim Kuat di Grup D Piala Asia 2023 yang Jadi Lawan Perdana Timnas Indonesia
Irak jadi lawan kuat Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023 (Instagram/@iraq.ifa).

Bagikan:

JAKARTA - Irak menjadi salah satu tim penghuni Grup D Piala Asia 2023. Mereka menjadi lawan perdana Timnas Indonesia dalam turnamen yang bergulir 12 Januari-10 Februari 2024 di Qatar.

Pertemuan Timnas Indonesia dan Irak akan berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali, Ar-Rayyan, pada Senin, 15 Januari 2024. Irak menjadi salah satu favorit di Grup D untuk melaju ke babak 16 besar.

Kondisi itu tak lepas dari situasi Irak yang memang tengah dalam kepercayaan diri setelah berhasil keluar sebagai juara Piala Teluk 2023.

Sebelum memulai kiprah di Piala Asia 2023, Irak telah melakukan persiapan matang lewat laga uji coba. Dalam agenda persiapan, Irak hanya menjadwalkan satu kali uji coba yaitu melawan Korea Selatan.

Pada uji coba tunggal itu, Iran justru menuai hasil yang kurang baik. Menghadapi Korea Selatan pada Sabtu, 6 Januari 2024, di Al-Shaab Stadium, mereka malah kalah 0-1.

Kendati demikian, Irak masih menjadi tim yang patut diwaspadai. Pasalnya, mereka bakal tampil di Piala Asia 2023 dengan komposisi tim yang terdiri dari kombinasi pemain muda dan pemain berpengalaman.

Pilihan sang pelatih asal Spanyol, Jesus Casas, itu jelas bisa menyokong pergerakan Irak sebagai tim kuat.

Mereka jelas menjadi salah satu kandidat meraih trofi Piala Asia 2023. Irak punya rekam jejak sukses ketika menjadi juara pada edisi 2007. Selain itu, Iraq pernah menjadi semifinal di Piala Asia 2015.

Menjadi lawan perdana Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, penampilan Irak jelas perlu diwaspadai. Mereka masih mengandalkan striker Ali Al Hamadi.

Ali Al Hamadi yang kini bermain buat AFC Wimbledon di League One Inggris menjadi salah seorang aktor yang membenamkan Skuad Garuda saat menang 5-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November 2023.

Selain Al Hamadi, Iraq juga diperkuat sejumlah pemain yang tampil di klub-klub Eropa. Salah satunya, Youssef Amyn yang bermain untuk Eintracht Braunschweig di Bundesliga

Youssef Amyn juga menyumbang satu gol ke gawang Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut.

Irak lolos ke Piala Asia 2023 lewat jalur Kualifikasi Piala Dunia 2022 bersama Iran, Hong Kong, Bahrain, dan Kamboja di Grup C. Pada fase itu, mereka lolos dengan status runner-up lewat lima kemenangan, dua seri, dan satu kalah.

Irak tentunya akan bersaing ketat dengan Jepang yang juga tim kuat di Grup D Piala Asia 2023. 

Untuk menyokong penampilan sebagai tim yang dijagokan tembus babak 16 besar Piala Asia 2023, Jesus Casas telah menunjuk 26 pemain yang didaftarkan ke AFC meski skuad final masih bisa berubah enam jam sebelum laga perdana grup. 

Daftar Pemain Iraq di Piala Asia 2023

Kiper

Jalal Hassan (Al Zawraa)

Fahad Talib (Sanat Naft Abadan)

Ahmed Basil (Al Shorta)

Belakang

Ali Adnan (Mes Rafsanjan)

Rebin Sulaka (Brommapojkarna)

Saad Natiq (Abha)

Frans Putros (Port)

Merchas Doski (Slovacko)

Zaid Tahseen (Al-Talaba)

Hussein Ali (Heerenveen)

Ahmed Yahya (Al-Shorta)

Allan Mohideen (Utsikten)

Gelandang

Amjad Attwan (Zakho)

Bashar Resan (SC Qatar)

Ibrahim Bayesh (Al-Quwa Al-Jawiya)

Osama Rashid (Vizela)

Amir Al-Ammari (Halmstad)

Zidane Iqbal (Utrecht)

Ali Jasim (Al-Quwa Al-Jawiya)

Ahmad Allee (Rouen)

Danilo Al-Saed (Sandefjord)

Youssef Amyn (Eintracht Braunschweig)

Montader Madjed (Hammarby)

Penyerang

Aymen Hussein (Al-Quwa Al-Jawiya)

Mohanad Ali (Al-Shorta)

Ali Al-Hamadi (AFC Wimbledon)