Timnas Indonesia Fokus Kekompakan Jelang Berjumpa Irak di Laga Perdana Piala Asia 2023
Timnas Indonesia fokus menghadapi laga perdana melawan Irak di Grup D Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 akan berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali pada Senin, 15 Januari 2023, pukul 21.30 WIB.

Skuad Garuda fokus kekompakan tim menjelang laga perdana Grup D Piala Asia 2023 itu.

"Persiapannya kami lebih untuk membangun kekompakan tim dan cara mengasah taktikal untuk melawan Irak. Semua pemainnya harus kami waspadai karena kami harus fokus di setiap menitnya."

"Irak juga tim yang matang dan kekompakan mereka sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Jadi, kami harus fokus," ujar Ernando Ari Sutaryadi, selepas latihan terakhir.

Kekompakan, menurut Ernando, sangat berguna untuk mengantisipasi pergerakan berbahaya pemain-pemain Irak sekaligus meminimalisasi kesalahan sendiri.

"Antisipasi pasti ya. Jadi, kami mengasahnya dalam kekompakan. Kami bisa saling menutup kesalahan sesama pemain yang satu dengan lainnya," ungkap kiper Persebaya Surabaya itu.

Saat ini, Timnas Indonesia lebih fokus untuk pertandingan pertama melawan Irak. Untuk partai berikut melawan Vietnam dan Jepang akan difokusikan selepas laga perdana grup.

"Melihat laga Vietnam melawan Jepang, kami ada bekal untuk mempersiapkan tim. Kami punya tim analis. Saya hanya ingin fokus di laga perdana melawan Irak lebih dahulu, baru nanti bicara laga-laga berikutnya."

"Saya dan tim ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Kami juga memacu semangat diri kami sendiri," tuturnya.

Sementara itu, Timnas Indonesia sudah pernah bertemu dengan Irak di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang digelar di Basra, 16 November 2023. Kala itu, Irak mengalahkan Indonesia dengan skor telak 5-1.

Berdasarkan data terakhir FIFA pada 21 Desember 2023, Irak menempati peringkat ke-63, atau nomor tujuh di Asia. Indonesia ada di posisi ke-146.

Laga ini sangat penting untuk membuktikan bahwa Timnas Indonesia bisa berbuat banyak di Piala Asia 2023.

Setelah melawan Irak, Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada 19 Januari 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha. Setelah itu, pada laga terakhir Grup D Piala Asia 2023 Skuad Garuda akan melawan Jepang, 24 Januari 2024, di Stadion Al Thumama, Doha.

Terkait