Bagikan:

JAKARTA - Manchester United tak menemui kesulitan mengatasi perlawanan Wigan Athletic dan menang 2-0 di babak ketiga Piala FA di Stadion DW, Selasa, 9 Januari dini hari WIB. Turun full team, MU menyingkirkan tim League One untuk melaju ke babak keempat.

MU menjadi tim elite terakhir dari Premier League Inggris yang lolos ke babak berikutnya di Piala FA.

Hanya saja, MU harus turun dengan kekuatan penuh saat menghadapi Wigan yang saat ini berkompetisi di divisi tiga Inggris.

Bahkan di kasta itu, Wigan masih berkutat di papan bawah. Dengan menempati peringkat 18, Wigan lebih dekat ke zona degradasi ketimbang berada di papan tengah League One.

Meski menghadapi tim dari divisi bawah, manajer MU Erik ten Hag tetap menurunkan skuat terbaik. Bahkan kiper Andre Onana sampai menunda kepergian ke Pantai Gading untuk memperkuat timnas Kamerun di Piala Afrika 2023.

Hasilnya memang tidak meleset dari prediksi. MU tak kesulitan mengatasi Wigan. Namun laga ini menjadi catatan bagi striker MU Rasmus Hojund dan Marcus Rashford yang tak kunjung mencetak gol.

Hojlund baru sekali mencetak gol di Premier League sejak direkrut dari Atalanta di awal musim ini. Gol pertama striker timnas Denmark ini tercipta setelah dirinya bermain tidak kurang 1000 menit di MU.

Begitu pula Rashford yang masih kesulitan menunjukkan ketajamannya. Performa pemain depan timnas Inggris ini jauh di bawah musim sebelumnya saat dirinya rutin membobol gawang lawan.

Di pertandingan itu, The Red Devils sepenuhnya mendominasi. Mereka tak berhenti menyerang dan memaksa Wigan lebih banyak bertahan.

Meski mendapat banyak peluang, tetapi tidak ada satu pun yang bisa dikonversi menjadi gol. Kebuntuan MU akhirnya teratasi lewat gol pemain belakang Diogo Dalot di menit 22.

Gol berawal dari umpan silang Alejandro Garnacho yang gagal disambut Hojlund. Namun bola kemudian diterima Rashford yang kemudian memberikan assist kepada Dalot.

Peluang itu pun dimaksimalkan oleh bek timnas Portugal ini untuk membobol gawang The Latics.

Setelah gol itu, MU tetap menekan lawan. Namun pasukan Ten Hag tak mampu memperbesar keunggulan. Apalagi, kiper tuan rumah Sam Tickle bermain cemerlang dan beberapa kali melakukan penyelamatan. Skor 1-0 untuk MU bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, MU tetap bermain menyerang. Hanya serangan mereka masih belum membuahkan hasil. MU harus menunggu tambahan gol di paruh kedua babak kedua.

Di menit 74, MU mendapat hadiah penalti menyusul dijatuhkannya kapten Bruno Fernandes oleh gelandang Liam Shaw di kotak terlarang.

Wasit langsung menunjuk titik putih. Eksekusi penalti dituntaskan dengan baik oleh Fernandes. Skor berubah menjadi 2-0 dan bertahan sampai akhir laga.

MU pun melaju ke babak berikutnya dan kembali bertemu lawan enteng. MU bertemu Newport County dari League Two (divisi empat) atau Eastleigh F.C. yang berkompetisi di kasta kelima.