Bagikan:

JAKARTA - Satria Muda Pertamina resmi memperkenalkan tim terbaru yang siap berlaga di Indonesian Basketball League (IBL) musim 2024 pada Senin, 8 Januari 2024, di FX Sudirman, Jakarta.

Nama-nama lama seperti Arki Wisnu, Widyanta Putra Teja, Antoni Erga, Sandy Ibrahim, Juan Laurent, Ali Bagir, dan Julian Chalias masih dipertahankan.

Mereka menambah kekuatan untuk IBL 2024 dengan mendatangkan nama besar, seperti Abraham Damar Grahita. Peraih dua kali gelar MVP IBL (2020 dan 2022) itu menjadi amunisi anyar selain kehadiran Karl Patrick, Dame Digne, Armando Yegiwar, dan Adrien Chalias.

Selain penguatan skuad lokal, Satria Muda juga merombak susunan pemain asing. Curtis 'Trey' Davis dan Mycheal 'Myke' Henry didatangkan.

Pemain yang disebut terakhir punya portofolio apik. Dia pernah memperkuat tim NBA, Memphis Grizzlies.

Pemain asing pemungkas yang baru bergabung juara IBL 12 kali itu ialah Jarred Shaw. Dia dibajak setelah sukses meraih gelar IBL 2023 bersama Prawira Bandung.

Sementara itu, Satria Muda nyatanya tak cuma merombak jajaran pemain. Sektor kepelatihan tak luput dari penguatan demi target juara IBL 2024.

Satria Muda resmi menjalin kerja sama dengan Manuel Pena Garces sebagai pelatih kepala baru. Dia didaratkan bersama Luis Guil selaku penasihat teknis dari Spanyol.

Kedatangan Manu, sapaan Manuel Pena Garces, sekaligus menggeser posisi Youbel Soundakh. Pelatih Satria Muda musim lalu itu kini menempati posisi associate coach yang akan membantu kerja pelatih kepala baru.

"Persiapan tim kami sudah berada di jalur yang tepat. Komunikasi kami juga semakin baik satu sama lain. Itu paling penting karena komunikasi adalah kunci dari sebuah permainan."

"Kami terus bertumbuh setiap hari dan saya pastikan kami akan siap saat musim 2024 dimulai," ujar Manuel Pena.

"Tentu saja ada kombinasi sangat baik dan menarik di tim. Para pemain muda punya energi dan pemain senior punya pengalaman."

"Semua faktor itu cukup untuk membuat kami lebih berkembang dan bersaing meraih gelar juara di IBL 2024," tutur pelatih asal Spanyol itu.

Pada musim 2024, IBL akan menerapkan untuk kali pertama laga home-away. Satria Muda akan memakai Hall A Senayan untuk dua partai kandang pertama.

Satria Muda akan melakoni laga perdana IBL 2024 pada 13 Januari 2024 melawan Borneo Hornbills. Sehari kemudian mereka menjadi tuan rumah untuk Dewa United Banten.