Bagikan:

JAKARTA - Wolverhampton Wanderers kehilangan pemain depan Hwang Hee-chan yang harus memperkuat Korea Selatan di Piala Asia 2023 di Qatar.

Hwang kembali berkontribusi untuk kemenangan Wolves sebelum bergabung dengan timnas Korsel. Pada duel terakhir melawan Everton di Stadion Molineux, Sabtu, 30 Desember malam WIB, Wolves menang 3-0.

Ini kemenangan ketiga secara berturut-turut Wolves. Hasil tersebut mengukuhkan tim asuhan Gary O'Neill di posisi 11 klasemen sementara.

Di laga itu, Hwang memang tak mencetak gol. Meski demikian pemain berusia 27 ini memberi assist yang dituntaskan Matheus Cunha.

Sebelumnya, Wolves sudah unggul lewat gol Max Kilman. Selanjutnya, Craig Dawson melengkapi kemenangan tuan rumah.

Hwang sesungguhnya nyaris membobol gawang Everton. Namun peluang yang diperolehnya digagalkan kiper Jordan Pickford. Saat ini, dirinya sudah mengemas 11 gol yang menjadikannya sebagai top skor klub.

Kepergian Hwang yang sudah memiliki caps 59 ini untuk bermain di Piala Asia memaksa O'Neill mencari pengganti di lini depan Wolves.

Beruntung, Pedro Neto sudah fit dan sudah tampil selama 10 menit saat melawan Eveton. Selain itu, Sasa Kalajdzic bisa menjadi alternatif menggantikan Hwang.

Wolves tidak hanya kehilangan Hwang, tetapi juga Rayan Ait-Nouri dan Boubacar Traore yang berlaga di Piala Afrika. Bila Ait-Nouri memperkuat Aljazair, sedangkan Traore membela Mali.

"Kami kehilangan Channy [sapaan akrab Hwang]. Dia berperan besar dengan pencapaian kami selama ini. Meski demikian, saya senang dengan pemain yang akan menggantikannya," kata O'Neill.

"Kami kehilangan tiga pemain. Jadi, kami akan memaksimalkan pemain muda atau mereka yang selama ini duduk di bench. Ini tentu menjadi tantangan bagi kami," ucapnya.

Hwang sendiri sudah memperkuat timnas sejak di Korsel U-17. Dirinya juga kemudian membela Korsel U-19 dan pernah berhadapan dengn timnas Indonesia U-19 di kualifikasi Piala Asia U-19 pada 2013. Saat itu Indonesia menang 3-2 dan Evan Dimas mencetak hattrick.

Bila Hwang masih bertahan di timnas, sebaliknya tidak ada satu pun pemain tim asuhan Indra Sjafri saat itu yang masih membela tim Merah Putih di Piala Asia 2023.