Terbongkar, Wolves Ternyata Beri Gaji Kecil kepada Hwang Hee-chan
Bintang Korea Selatan Hwang Hee-chan (kanan) mendapat perpanjangan kontrak dari Wolverhampton Wanderers (X/@Wolves).

Bagikan:

JAKARTA - Bintang Korea Selatan, Hwang Hee-chan, ternyata selama ini menerima gaji kecil di Wolverhampton Wanderers.

Namun, gaji Hwang akan naik berkali lipat setelah menandatangani kontrak baru dengan klub Liga Inggris tersebut.

Hwang kian mengukuhkan sebagai bintang Korsel yang mampu memberi kontribusi bagi klub. Dirinya mengikuti sejak seniornya, Park Ji-sung, yang pernah menjadi andalan Manchester United selama tujuh musim.

Park yang membela MU pada 2005 hingga 2012 turut menjadi bagian tim saat lima kali memenangi trofi Liga Inggris dan sekali juara Liga Champions. Dia juga meraih trofi seperti Carabao Cup, Community Shield, dan Piala Dunia Antarklub.

Selain Park, ada Son Heung-min yang kini menjadi kapten Tottenham Hotspur. Meski belum memberi trofi, Son sudah menjadi pilar dari The Lilywhites.

Berikutnya, Hwang, generasi anyar Korsel, yang mengukuhkan sebagai bintang andalan Wolves. Ketajaman pemain yang pernah berhadapan dengan Indonesia U-19 saat masih memperkuat Korea Selatan U-19 ini memang sangat mengesankan.

Musim ini, dia sudah mengemas delapan gol yang menjadikannya sebagai top skor klub. Performa gemilang pemain berusia 27 ini menjadikan Manajer Manchester City, Pep Guardiola, tak segan memberikan pujian.

Kontribusi Hwang mengantarkan dirinya mendapat perpanjangan kontrak dari Wolves. Kontrak dia di klub sesungguhnya baru berakhir pada 2026.

Namun, Wolves memberikan perpanjangan sampai 2028. Dia juga mendapat opsi perpanjangan satu tahun.

Hanya, saat klub memperbarui kontraknya, ternyata baru ketahuan kalau Hwang selama ini mendapat gaji kecil.

Meski memberi kontribusi yang mengangkat prestasi Wolves, Hwang menerima gaji hanya 30 ribu poundsterling atau 592 juta rupiah setiap pekan.

Gaji itu jauh di bawah Son yang mencapai 190 ribu poundsterling atau sekira 3,7 miliar rupiah setiap pekan. Hanya saja, Son memang pilar dan kapten tim sehingga layak mendapat gaji tinggi.

Lebih menyedihkan lagi, gaji Hwang terpaut jauh dibandingkan rekannya, Pablo Sarabia, yang mencapai 90 ribu poundsterling atau 1,7 miliar per pekan. Ironis, Sarabia sudah berusia 31 tahun dan lebih sering duduk di bangku cadangan.

Namun, kini Wolves pun siap memberikan gaji tinggi kepada Hwang. Tak hanya itu, klub pun memberikan gaji sama dengan pemain yang menerima gaji tertinggi di Wolves.

"Wolves telah mencapai kesepakatan kontrak baru dengan Hwang Hee-chan. Dia mendapat kontrak sampai Juni 2028 dengan opsi perpanjangan satu tahun," kata pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano.

"Dalam kontrak baru, dia mendapat gaji sama dengan pemain bergaji tertinggi di klub. Langkah tepat Wolves dengan mempertahankan salah satu pemain terbaiknya," ujar dia.

Hwang sendiri mengawali karier di Eropa dengan memperkuat Red Bull Salzburg pada 2015. Dia kemudian melejit saat bergabung dengan RB Leipzig pada 2020. Pemain sayap ini turut mengantarkan Leipzig mencapai final Piala Jerman 2022.

Pada 2021, Wolves meminjam Hwang selama satu musim. Performa mengesankan pemain Timnas Korsel ini menjadikan Hwang mendapat kontrak permanen sampai akhirnya dia tetap bersama Wolves sampai lima tahun ke depan.