Marc Marquez Masih Kesampingkan Kejar Rekor Valentino Rossi
Pebalap Marc Marquez akan berusaha mengejar rekor tujuh gelar Valentino Rossi musim depan saat sudah bersama tim Gresini (Instagram/@marcmarquez93).

Bagikan:

JAKARTA – Marc Marquez masih mengesampingkan target menyamai rekor gelar legenda MotoGP, Valentino Rossi, pada balapan musim depan.

Marquez saat ini punya enam gelar juara dunia MotoGP. Pebalap berkebangsaan Spanyol tersebut masih terpaut satu gelar dari musuh bebuyutannya, Rossi.

Peluang untuk sejajar dengan Rossi pun terbuka buat Marquez musim depan setelah dia pindah dari Repsol Honda menuju Gresini. Akan tetapi, Marquez mengatakan dirinya belum berpikir sejauh itu.

"Saat ini, saya tak berpikir mengenai menyamai rekor itu karena saya jauh dari level saya. Saya tak bisa melakukan pendekatan musim depan seperti ini: 'Saya akan mencoba untuk memenangi gelar'," kata Marquez dikutip Crash.

Marquez terakhir kali naik podium juara dunia adalah pada 2019. Setelah itu, gelar bergantian dipegang Joan Mir, Fabio Quartararo, dan Francesco Bagnaia untuk dua musim terbaru.

Dalam dua musim belakangan ini, kesempatan Marquez untuk mengejar Rossi dihalangi cedera. Masalah itu membuat dia gagal mengukir satu kemenangan pun.

Marquez mengatakan bahwa dia perlu membangun kembali kepercayaan diri setelah melewati dua musim terakhir yang begitu sulit. Hal itu akan menolong dia untuk mengejar The Doctor.

"Sudah dua tahun saya tak memenangi satu balapan. Jadi, dengan statistik itu Anda tak bisa melakukan pendekatan dari satu musim ke berikutnya, 'Sekarang saya akan memenangi kejuaraan dunia'," ujar Marquez.

Rossi memenangi tujuh gelarnya bersama Honda dan Yamaha. Sayangnya, dia gagal merengkuh gelar kedelapan dalam kariernya meski melakukan sebanyak 12 kali percobaan.

Sementara itu, Marquez memenangi enam gelarnya bersama Honda sebelum mengakhiri kerja sama dengan pabrikan Jepang itu pada ujung musim ini.