Francesco Bagnaia Buru Rekor Valentino Rossi dan Marc Marquez di Valencia
Pebalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, akan berusaha mempertahankan gelar juara dunia MotoGP (Instagram/@pecco63).

Bagikan:

JAKARTA – Francesco Bagnaia memburu rekor juara dunia beruntun pada seri terakhir MotoGP 2023 untuk sejajar dengan torehan Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Pebalap Italia tersebut datang ke Sirkuit Ricardo Tormo untuk mengikuti putaran terakhir pada 24-26 November 2023 dengan predikat sebagai juara bertahan.

Jika dia juara maka otomatis bersanding dengan Rossi dan Marquez sebagai pebalap yang pernah juara beruntun sejak era MotoGP pada 2002.

"Dari ingatan saya, hanya Vale (Valentino Rossi) dan Marc (Marquez) yang melakukannya," ujar Bagnaia dilansir Crash.

Saat ini Bagnaia memimpin klasemen sementara dengan koleksi 437 poin. Dia memimpin keunggulan sebanyak 21 poin atas pesaing gelar juara asal Spanyol, Jorge Martin.

Untuk menjadi juara, Bagnaia hanya perlu mengumpulkan 16 poin dari hasil sprint race dan balapan utama. Jika skenario itu terjadi maka kedua pebalap bakal punya poin sama 453.

Kalau dalam posisi poin sama maka Bagnaia dipastikan akan juara. Soalnya, dia memenangi balapan utama lebih banyak, yaitu enam kali berbanding empat kali milik Martin.

"Akan sangat luar biasa bisa mencapai tujuan seperti in. Namun, itu adalah sesuatu yang hanya bisa saya pikirkan setelahnya. Sekarang saya harus berpikir tentang balapan dan saya tahu ini trek yang bagus untuk kami," kata Bagnaia.

Jika berhasil memenangi gelar akhir pekan ini maka Bagnaia akan menjadi pebalap pertama sejak Marquez (2018 dan 2019) yang menjadi juara berturut-turut.