Berapa Berat Barbel untuk Usia 60 Tahun ke Atas? Temukan Jawabannya di Sini
Ilustrasi latihan angkat barbel (dok. Unsplash).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Latihan angkat barbel dapat membangun kekuatan dan daya tahan otot lengan pada lansia atau orang yang berusia 60 tahun ke atas. Latihan ini dapat dilakukan dengan mengangkat barbel dalam berbagai ukuran, mulai dari yang ringan hingga berat. Lantas, berapa berat barbel untuk usia 60 tahun ke atas? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Berat Barbel untuk Usia 60 Tahun ke Atas

Telah disinggung di atas bahwa latihan angkat barbel pada lansia dapat membangun kekuatan dan daya tahan otot lengan.

Adapun berat barbel yang disarankan untuk usia 60 tahun ke atas mulai dari 1 kg. Hal ini bertujuan untuk menghindari cedera mengingat seseorang yang sudah berusia 40 tahun akan kehilangan satu persen otot setiap tahun.

Oleh sebab itu, bagi lansia yang ingin memulai olahraga angkat barbel, usahakan beban yang diangkat tidak lebih dari 1 kg. Supaya mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan latihan angkat barbel selama 30 menit.

Bila sudah terbiasa, intensitas latihan angkat barbel bisa ditingkatkan dengan menaikkan berat barbel sesuai kemampuan.

Manfaat Latihan Angkat Barbel untuk Usia 60 Tahun ke Atas

Selain dapat membangun kekuatan dan daya tahan otot lengan, latihan angkat barbel juga bisa membuat para lansia panjang umur.

Menurut sebuah penelitian, orang-orang dengan usia 60 tahun ke atas yang melakukan latihan angkat beban dua kali dalam sepekan, dapat menurunkan risiko kematian karena berbagai penyakit hingga separuh dari potensi rata-rata.

Dikatakan Dr. Jennifer Kraschnewski, asisten professor Pen State College of Medicine, latihan kekuatan fisik bisa menurunkan risiko kematian dan meningkatkan kekuatan fisik dan mental seseorang, baik muda maupun yang sudah lanjut usia.

Data penelitian ini didapat dari lebih 30.000 orang dewasa usia 60 tahun ke atas. Data dihimpun dari tahun 1997 hingga 2001 melalui U.S National Health Interview Survey. Hampir 10 persen orang tua yang melakukan latihan fisik untuk kaki, pinggul, bahu, lengan dan dada.

Hasil riset tersebut menyatakan bahwa rutin melakukan latihan fisik dan angkat beban paling tidak dua kali dalam sepekan menunjukkan ketahanan fisik hingga 46 persen sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit dan menyebabkan kematian.

Orang berusia 60 ke atas yang rajin melakukan olahraga kekuatan disebut 41 persen lebih tahan terhadap penyakit jantung dan 19 persen lebih sehat. Selain itu, tidak mudah terserang penyakit kanker ketimbang mereka yang tidak melakukan olahraga kekuatan.

Tak cukup sampai di situ, olahraga kekuatan, termasuk latihan angkat barbel, juga efektif mengurangi risiko penyakit osteoporosis, nyeri punggung, obesitas, dan diabetes. Otot tubuh juga menjadi lebih kuat, berstamina, dan fungsi tubuh tetap optimal untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Demikian informasi tentang berat barbel untuk usia 60 tahun ke atas. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.

Terkait