Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah menentukan 29 nama pemain yang diboyong ke Turki untuk pemusatan latihan (TC) sebagai persiapan Piala Asia 2023. Syahrul Trisna menjadi salah satu pilihan sang pelatih untuk berjaga di bawah mistar gawang.

Keputusan Shin Tae-yong menunjuk Syahrul sempat menimbulkan polemik. Pasalnya, dari tiga penjaga gawang yang dibawa ke Turki, tak ada nama Nadeo Argawinata yang biasanya jadi langganan.

Diboyongnya Syahrul Trisna yang merupakan kiper Persikabo 1973 itu menimbulkan pro dan kontra. Pasalnya, ketimbang Sahrul, performa Nadeo di klub dan Timnas Indonesia dianggap lebih mumpuni.

Nadeo Argawinata terbilang tampil sangat impresif bersama klubnya, Borneo FC, dengan mencatatkan 10 kali tak kebobolan dari 23 pertandingan dijalani.

Performa apik Nadeo itu juga membantu Pesut Etam kini kokoh di puncak klasemen Liga 1 2023/2024.

Sementara Syahrul yang tampil untuk Persikabo 1973 justru sedang kesulitan mendapatkan tempat utama di tim.

Sejauh musim ini, Syahrul tercatat baru tampil sembilan kali dengan 33 penyelamatan, 16 kali kebobolan, dan 1 kali clean-sheet.

Dengan perbandingan performa tersebut, ternyata ada alasan lain yang membuat Shin Tae-yong lebih memilih membawa Syahrul ketimbang Nadeo ke Turki.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan bahwa Syahrul merupakan pemain bagus dan memiliki kemampuan untuk mengendalikan ketenangannya saat menjaga gawang.

“Memang Syahrul (Trisna) seorang pemain yang sangat tenang saat tanding,” katanya saat ditemui di Hotel Le Meridien, Jakarta Pusat, pada Selasa, 19 Desember 2023, malam WIB.

"Memang, kemarin sering bersaing dengan Nadeo (Argawinata). Kadang Nadeo main, kadang Syahrul yang main," sambungnya soal persaingan kedua kiper di Timnas Indonesia.

Namun, Shin Tae-yong mengatakan harus menimbang performa masing-masing kiper saat membela Skuad Garuda. Syahrul dianggapnya jadi pemain yang lebih mampu dibandingkan Nadeo.

“Ketika Syahrul yang main memang kemungkinan kebobolan sedikit dan kecil. Jadi, akhirnya dipilih Syahrul (untuk TC ke Turki),” tutup sang pelatih.

Sejauh ini, skuad yang dibawa Shin Tae-yong ke Turki bukanlah daftar pasti yang bakal tampil di Piala Asia 2023 pada Januari-Februari mendatang.

Sebanyak 29 nama yang ikut serta itu masih akan diseleksi hingga didapat 26 nama sesuai keinginan sang pelatih.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia menjelang Piala Asia 2023 akan mulai digelar dari 20 Desember 2023 hingga 6 Januari 2024.

Selama berada di Turki, para pemain juga akan menjalani agenda uji tanding melawan Libya demi memaksimalkan persiapan.

Selain Syahrul Trisna, Shin Tae-yong juga membawa Ernando Ari dan Muhammad Riyandi sebagai penjaga gawang. Ketiganya harus berjuang semaksimal mungkin untuk bisa dibawa ke Piala Asia 2023 di Qatar.