Bagikan:

JAKARTA - Real Madrid meraih kemenangan besar 4-1 atas Villarreal di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Senin, 18 Desember dini hari WIB. Hanya Madrid membayar dengan harga mahal kemenangan itu karena bek andalan David Alaba cedera serius dan terancam absen di Euro 2024.

Madrid berpesta dengan memenangi laga penting melawan Villarreal. Gelandang veteran Luka Modric menjadi bintang di pesta kemenangan itu dengan mencetak gol dan membuat assist.

Lebih dari itu, Madrid berhasil merebut kembali posisi puncak La Liga. Dengan mengantungi poin 42, Los Blancos sukses menggeser Girona yang turun ke peringkat kedua. Sementara, Barcelona yang menduduki peringkat tiga memiliki poin 35.

Namun Girona hanya terpaut satu poin dan bila menang melawan Alaves, mereka bakal kembali ke puncak klasemen. Girona menjamu rivalnya di Stadion Municipal de Montilivi, Selasa, 19 Desember dini hari WIB.

Hanya kemenangan mengesankan Madrid harus dibayar mahal Bek David Alaba mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) pada lutut kiri sehingga harus ditarik keluar di menit 35.

Pemain timnas Austria ini menjadi yang ketiga setelah bek tengah Eder Militao dan kiper Thibaut Courtois yang cedera ACL.

Cedera itu memaksa pesepak bola harus beristirahat cukup lama. Alaba sendiri hampir dipastikan bakal menepi sampai akhir musim.

Bahkan bila tidak segera pulih, dirinya terancam absen di Euro 2024. Ini menjadi pukulan berat bagi Alaba setelah membawa Austria lolos ke putaran final Piala Eropa.

Pada edisi Euro 2020, Alaba yang saat itu bermain di Bayern Munchen membawa Austria lolos ke 16 besar setelah dikalahkan Italia 2-1 lewat perpanjangan waktu. Italia sendiri kemudian tampil sebagai juara.

"Pemeriksaan medis menyebutkan dia cedera ACL. Ini membuat kami terpukul karena satu lagi pemain bakal absen lama," ucap pelatih Madrid Carlo Ancelotti.

"Selama ini saya tak pernah kehilangan sampai tiga pemain karena cedera ACL hanya dalam waktu beberapa bulan," katanya.

Di pertandingan itu, Madrid sepenuhnya mendominasi. Mereka mengontrol permainan lewat Modric. Sang maestro benar-benar mengokestra permainan dengan baik.

Meski menguasai pertandingan, namun Madrid baru bisa membobol gawang Villarreal di menit 25.

Umpan silang dari Modric dituntaskan dengan baik lewat sundulan Jude Bellingham yang menaklukkan kiper Filip Jorgensen.

Madrid kemudian memperbesar keunggulan saat Rodrygo mencetak gol di menit 37. Semula gol dinyataka offside oleh asisten wasit.

Namun setelah ditinjau lewat VAR, gol itu bersih dan wasit mengesahkannya sehingga Madrid unggul 2-0 saat menutup babak pertama.

Di babak kedua, Villarreal berhasil memperkecil ketinggalan saat Jose Morales mencetak gol melalui sebuah serangan balik di menit 54.

Hanya saja Madrid sudah tidak terbendung. Striker Brahim Diaz mencetak gol setelah memanfaatkan bola liar yang mengubah skor menjadi 3-1 di menit 64.

Selanjutnya, Modric menutup kemenangan Los Merengues. Gelandang berusia 38 ini membobol gawang The Yellow Submarine di menit 68. Skor berubah menjadi 4-1 dan bertahan sampai akhir laga.