Bagikan:

JAKARTA - Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, berhasil meraih kemenangan saat menghadapi Shi Yuqi (China) di laga kedua BWF World Tour Finals 2023. Melalui drama panjang selama 1 jam, Ginting menang dalam tiga gim.

Tampil di Hangzhou Olympic Sport Expo Centre pada Kamis, 14 Desember 2023, malam WIB, Ginting menang dengan skor akhir 11-21, 21-7, dan 21-17.

Pada gim pertama, Ginting sempat memimpin 4-2, setelah itu kehilangan enam angka beruntun. Ginting kemudian berusaha kembali mendekat lewat torehan tiga poin beruntun yang membuat skor menjadi 7-8. Namun, Shi Yuqi bisa membalas dan akhirnya memimpin 11-7 di saat interval.

Selepas interval, Shi Yuqi tampil lebih dominan. Ia meraih enam angka berurutan begitu permainan kembali dimulai. Keunggulan 17-8 jadi milik Shi Yuqi yang terus digenapkan hingga akhirnya ia menang di gim pertama dengan skor 21-11.

Memasuki gim kedua permainan justru berubah drastis. Ginting bisa berbalik mendominasi reli, sedangkan Shi Yuqi kesulitan keluar dari tekanan.

Ginting mampu memimpin 8-2 di awal laga lalu unggul delapan poin pada saat interval dengan angka 11-3.

Setelah interval yang menjanjikan itu, Ginting sukses mempertahankan dominasinya dengan baik. Serangan yang dilepaskan Ginting membuat skor berubah jadi 17-4.

Seperti tanpa kesulitan, Ginting kemudian meraih game point di angka 20-5. Pukulan Ginting sukses membuat Shi Yuqi tak berdaya dan membuatnya memastikan kemenangan 21-7.

Hasil imbang memaksa laga berkanjut ke rubber set. Ginting kembali mendominasi dengan unggul 6-2.

Sayangnya, smes keras Ginting keluar. Sementara smes keras Shi Yuqi membuat dua poin bertambah dan mendekat 4-6.

Ginting lantas merespons dengan menyabet tiga poin beruntun. Ia kembali menjauh di angka 9-4 dan terus mendulang angka hingga unggul 11-5 lewat smes keras di depan net.

Selepas interval, Shi Yuqi coba memberikan tekanan kembali pada Ginting. Permainan menarik karena Shi Yuqi mendekat di angka 9-12.

Namun, Ginting tidak mau gegabah. Dia tetap tenang untuk merebut dua poin beruntun dengan cepat dan memimpin 14-9.

Momen ini dimanfaatkan Ginting untuk memperbesar selisih poin menjadi enam angka pada kedudukan 17-11. Namun, kemudian Shi Yuqi malah merebut tiga poin beruntun.

Meski begitu, Ginting akhirnya bisa memutus rentetan poin lewat keunggulan di permainan net dan mendulang skor 18-14.

Dengan selisih tipis, Ginting berusaha tampil berhati-hati yang kemudian mengantarnya meraih match point di angka 20-16 dan menyelesaikan permainan dengan skor 21-17.