Singkirkan Spanyol U-17, Pelatih Jerman U-17: Kuncinya Tampil Baik dalam Bertahan
Paris Brunner menjadi pencetak gol semata wayang kemenangan Jerman U-17 atas Spanyol U-17 di perempat final Piala Dunia U-17 2023 (Instagram/@princeparis.13).

Bagikan:

JAKARTA - Jerman U-17 berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia U-17 2023. Kepastian itu diraih Die Mannschaft setelah mengempaskan Spanyol U-17 di babak perempat final pada Jumat 24 November 2023 malam.

Pada laga tersebut, Jerman U-17 menang 1-0 lewat tendangan penalti yang dilakukan Paris Brunner di menit ke-64. Hadiah penalti diberikan pengadil lapangan setelah Hector Fort melanggar Brunner di kotak penalti.

Eksekusi yang berjalan lancar menjadikan gol semata wayang itu mengunci kelolosan Jerman U-17 ke semifinal. Jelas, hal itu membuat sang pelatih, Christian Wuck, bangga.

Selepas laga, ia mengatakan bahwa kunci keberhasilan timnya ialah anak asuhnya berjuang sejak awal dengan pola pertahanan yang baik.

Teknik tersebut diterapkan Wuck karena tak memungkiri Spanyol U-17 sebagai tim dengan teknik bermain yang baik.

“Saya sangat bangga dengan anak-anak. Bangga dengan yang mereka lakukan sampai menit terakhir,” ungkap Wuck di hadapan awak media selepas laga.

“Kuncinya (tampil menghadapi Spanyol U-17) ialah kami berjuang dari awal hingga menit terakhir. Kami tahu tim Spanyol U-17 punya teknik yang sangat bagus, mungkin yang terbaik di dunia.”

“Kami tahu kami tidak punya banyak kesempatan bermain dengan bola. Saya bilang ke pemain bahwa kami harus berikan yang terbaik dalam bertahan,” tuturnya.

Wuck juga mengomentari soal Paris Brunner yang sukses mengeksekusi penalti di laga ini. Meski mengakui sang pemain tampil tak terlalu mencolok, tak ada salahnya memberikan kesempatan bagi penggawa Borussia Dortmund U-19 itu.

Alhasil, kepercayaan sang pelatih dijawab dengan baik oleh Brunner. Dia berhasil membuktikan diri dan malah menjadi pahlawan tim.

“Paris (Brunner) tidak begitu bagus dalam turnamen ini maupun Euro U-17 2023. Namun, kami tahu bahwa kami hanya butuh satu momen dan itu (penalti) adalah momennya dalam pertandingan ini,” kata Christian Wuck.

“Saya harap begitu, dia mencetak gol keduanya tadi dan itu sangat penting untuk kami. Tim keseluruhan sangat bagus dan saya sangat bangga,” ungkap sang pelatih.

Sukses menyingkirkan Spanyol U-17, Jerman U-17 berhak melaju ke semifinal. Mereka akan berjumpa Argentina U-17 yang menaklukkan Brasil U-17 dengan meyakinkan, kemenangan 3-0.