Pelatih Jerman U-17: Adaptasi Mudah Buat Optimisme Meningkat
Christian Wuck (putih), pelatih Jerman U-17 tak bermasalah dengan adaptasi stadion Piala Dunia U-17 2023 (dok. LOC WCU17).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Jerman U-17, Christian Wuck, mengungkap bahwa timnya tak menemui kendala dalam beradaptasi dengan stadion yang menjadi lokasi Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Menjelang semifinal, kondisi itu memudahkan tim dan menambah optimisme untuk menang.

Jerman U-17 berhasil melangkah ke semifinal untuk menantang Argentina U-17. Pertandingan akan digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Selasa 28 November 2023, pukul 15.30 WIB.

Sebelum tampil di Stadion Manahan, Der Panzer sudah menjajal dua dari empat stadion Piala Dunia U-17 2023.

Pada babak penyisihan hingga perempat final, Jerman U-17 merumput di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, dan Jakarta International Stadium (JIS).

Dari semua stadion yang disambangi timnya, Wuck merasa tidak ada masalah untuk tampil meski mereka berada di tiga stadion berbeda.

“Bagi saya pribadi, tidak ada yang berbeda. Kami pernah main di Bandung, Jakarta, dan sekarang di Solo. Semua stadion yang kami mainkan sangat baik dan lingkungannya sangat cocok untuk turnamen ini karena membuat kami tidak bosan,” kata Christian Wuck.

Meski Stadion Manahan menjadi venue yang paling baru dijajal anak asuhnya, kondisi lapangan yang baik dianggap Wuck menjadi pemicu optimisme untuk tampil maksimal.

Selain itu, pelatih 50 tahun ini juga berharap warga Indonesia berdatangan ke Stadion Manahan untuk mendukung timnya berlaga.

“Kami gembira bisa masuk ke semifinal dan ingin memanfaatkan kesempatan ini di sini (Stadion Manahan). Kami menantikan laga itu (melawan Argentina U-17). Kami juga ingin melihat penonton 9 hingga 10 ribu orang lagi.”

“Karena bagi para pemain, jumlah itu (penonton yang hadir) seakan memberikan dukungan untuk menampilkan yang terbaik,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wuck menyebut timnya bakal mempertimbangkan tampil hati-hati seperti yang dilakukan saat melawan Spanyol U-17 pada perempat final. Dengan bermain rapi, Jerman U-17 bisa melaju ke semifinal meski hanya menang 1-0.

“Tentu saja kami menggunakan strategi seperti saat melawan Spanyol U-717 dengan tidak memegang bola terlalu banyak. Mereka tidak punya banyak kesempatan untuk mencetak gol. Kami menyingkirkan pikiran tentang penguasaan bola dan bisa menang,” tuturnya.

“Menurut saya, mental akan jadi hal penting. Mentalitas bisa terlihat oleh tim lainnya yang berhasil. Tentu saja ini penting untuk menjaga mentalitas pemain dalam kondisi baik."

"Untuk hadapi Argentina U-17, kami ingin memiliki mentalitas bermain seperti laga sebelumnya dan saat ini kami dalam kondisi ideal,” kata Christian Wuck.