Bagikan:

JAKARTA - Liverpool kian dekat menuju 16 besar Liga Europa. Kemenangan atas Toulouse dalam duel di Stadion de Toulouse, Jumat, 10 November dini hari WIB, bakal meloloskan Liverpool dari penyisihan Grup E.

Liverpool yang menduduki puncak klasemen hanya memerlukan kemenangan sekali lagi. Saat ini Liverpool mengumpulkan poin sembilan setelah mencatat rekor sempurna atau selalu memenangkan pertandingan penyisihan grup.

Liverpool sudah unggul lima poin dari dua pesaingnya, Union SG dan Toulouse. Bila mengalahkan Toulouse, The Reds tak perlu menunggu sampai akhir penyisihan grup.

Peluang The Pool meraih kemenangan cukup terbuka. Pada laga pertama di kandang sendiri di Anfield, Liverpool menghajar juara Piala Prancis ini dengan skor telak 5-1. Kemenangan besar ini menjadikan Liverpool kembali diunggulkan meski mereka melakoni laga tandang.

Hanya Liverpool harus waspada. Di laga ini, manajer Jurgen Klopp kehilangan sejumlah pemain pilar, termasuk bek Virgil van Dijk yang kurang fit.

Namun Klopp memastikan Van Dijk bisa tampil saat menghadapi Brentford di kompetisi Premier League Inggris akhir pekan ini.

"Virgil kurang sehat. Tidak ada masalah dengan kondisinya. Namun kami tetap tak membawa dia. Yang pasti dia tetap isa tampil di pertandingan akhir pekan," kata Klopp.

Selain itu, gelandang Ryan Gravenberch tak bisa tampil karena belum pulih dari cedera lutut. Bahkan Gravenberch butuh waktu untuk pemulihan. Namun Gravenberch tidak akan berlama-lama meninggalkan Liverpool karena ada jeda kompetisi dengan adanya pertandingan internasional.

"Ryan bermasalah di bagian lutut. Kami berharap dia bisa pilih dan bermain melawan Brentford. Tetapi dia kemungkinan baru benar-benar pulih setelah jeda kompetisi karena pertandingan internasional," ujar dia menambahkan.

Klopp bakal melakukan banyak perombakan pada skuat dengan mengistirahatkan sebagian pemain pilar. Tidak hanya kehilangan pemain, Klopp juga memberi kesempatan kepada pemain yang selama ini lebih banyak duduk di bench.

Pemain depan Mohamed Salah, Darwin Nunez dan bek Trent Alexander-Arnold tidak masuk starting line up. Striker Luiz Diaz memimpin lini depan. Dirinya mendapat dukungan dari Ben Doak yang masih berusia 17 dan Cody Gakpo.

Anak muda lain seperti Jarell Quansah dan Harvey Elliot juga mendapat kesempatan menjadi starter di laga tersebut. Elliot bahu-membahu dengan Wataru Endo dan Dominik Szoboszlai di sektor tengah.

Sedangkan Quansah berkolaborasi Joel Matip dan Joe Gomez untuk membentengi kiper Caoimhin Kelleher yang menggantikan Alisson Becker.

Sementara, Toulouse tidak diperkuat winger Zakaria Aboukhlal, Oliver Zanden dan Denis Genreau yang masih cedera. Namun Carles Martinez juga tak melakukan banyak perubahan pada skuat saat dikalahkan Liverpool di Anfield.

Striker Frank Magri akan menjadi pilihan pertama di laga tersebut. Dengan skema bermain 4-3-3, The Violets berharap bisa mengejutkan Liverpool.

Hanya saja, Liverpool tetap menjadi unggulan. Kedalaman skuat Liverpool menjadikan tim tamu diprediksi memenangkan laga sekaligus meraih tiket ke 16 besar.