Menang Besar atas LASK, Liverpool ke 16 Besar Liga Europa
Pemain depan Liverpool Mohamed Salah dkk merayakan gol di pertandingan Liga Europa. LIverpool menang 4-0 atas LASK di laga itu. (Twitter @EuropaLeague)

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool menunjukkan permainan terbaik saat membantai LASK 4-0 di pertandingan Grup E Liga Europa di Stadion Anfield, Jumat, 1 Desember dini hari WIB. Kemenangan besar yang mengantarkan Liverpool ke 16 besar Liga Europa.

Hanya juara grup yang mendapat tiket otomatis ke 16 besar Liga Europa. Sedangkan tim yang menduduki runner-up harus melakoni babak play-offs sebelum memastikan lolos ke babak berikutnya.

Liverpool sendiri memastikan meraih tiket otomatis usai menghajar LASK. Kemenangan itu menjadikan The Reds sebagai juara Grup E dengan memiliki poin 12. Unggul empat poin dari Toulouse yang menduduki peringkat dua.

Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, Toulouse sudah tak bisa mengejar poin Liverpool. Toulouse sendiri belum aman untuk lolos ke fase knockout karena hanya unggul tiga poin setelah bermain imbang 0-0 melawan Union St.Gilloise.

Posisi Toulouse dan Union St.Gilloise akan ditentukan di laga terakhir. Toulouse yang hanya butuh satu poin melakoni laga tandang melawan LASK dan Union St.Gilloise menjamu Liverpool.

Dalam laga Liverpool di Anfield, tim asuhan Jurgen Klopp ini tak kesulitan mengatasi perlawanan LASK. Pesta kemenangan tuan rumah dibuka Luis Diaz saat laga baru berjalan 12 menit.

Dirinya menyambut assist dari Joe Gomez dan sundulannya menembus gawang LASK. Liverpool tak butuh waktu lama untuk memperbesar keunggulan.

Hanya berselang tiga menit, Cody Gakpo yang kembali ditempatkan sebagai centre forward berhasil mengubah skor menjadi 2-0 setelah mencetak gol dari jarak dekat. Dirinya menyambut assist dari Mohamed Salah.

Skor itu bertahan sampai akhir babak pertama. Pasalnya tidak ada lagi gol yang tercipta meski Liverpool bermain agresif menekan pertahanan lawan. Termasuk tendangan keras Kostas Tsimikas yang hanya membentur tiang gawang.

Memasuki babak kedua, Liverpool tak menurunkan tempo permainan. Mereka tetap menyerang pertahanan lawan. Hasilnya, Salah mencetak gol ketiga dari titik penalti di menit 51.

Penalti diberikan setelah Gakpo yang berpeluang mencetak gol dijatuhkan kiper Tobias Lawal. Salah dengan tenang menuntaskan eksekusi penalti.

Setelah tertinggal 3-0, LASK baru bangkit dan berusaha mencetak gol. Hanya, serangan mereka tak bisa menembus pertahanan Liverpool. Apalagi, kiper Caoimhin Kelleher yang menggantikan Alisson Becker beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang.

Liverpool akhirnya menambah gol pada injury time. Kali ini, Gakpo mencetak brace setelah menyambut assist Trent Alexander-Arnold dan melepaskan tendangan ke sudut atas gawang.

Skor berubah menjadi 4-0 dan bertahan sampai akhir laga. Liverpool melaju ke 16 besar, sedangkan LASK menduduki dasar klasemen dengan poin tiga.

Mereka masih bisa berjuang mendapatkan tiket berlaga di Europa Conference League atau kasta ketiga Eropa.