Bagikan:

JAKARTA - Gelandang sayap Manchester United, Alejandro Garnacho, tidak akan diadili oleh FA atas tweet kontroversial yang merayakan penyelamatan penalti kiper Andre Onana dalam pertandingan Liga Champions.

Pemain asal Argentina ini memposting gambar Onana dan rekan-rekannya merayakan penyelamatan penting tersebut yang mempertahankan kemenangan 1-0 di Old Trafford. Namun, tweet tersebut juga disertai dengan dua emoji gorila, yang menurut kelompok kampanye antirasial dianggap sangat merendahkan.

Onana mengatakan setelahnya bahwa orang tidak dapat memilih apa yang seharusnya membuat saya tersinggung. "Saya tahu persis apa yang dimaksudkan oleh [Alejandro Garnacho]: kekuatan dan kekuatan. Masalah ini seharusnya tidak berlanjut,"ujar Onanan.

Garnacho kemudian menghapus pos tersebut, dan FA, yang telah meminta penjelasan dari pemain, kini memutuskan untuk tidak mengambil tindakan lebih lanjut.

"Kami telah menyelesaikan penyelidikan terkait pos terbaru di media sosial Alejandro Garnacho. Kami mencari penjelasan pemain sebagai bagian dari penyelidikan kami, dan dia menjelaskan bahwa penggunaan dua emoji gorila dimaksudkan untuk menyoroti kekuatan dan kekuatan rekan-rekan setimnya - khususnya Andre Onana dan Harry Maguire - setelah peran penting yang mereka mainkan dalam kemenangan Manchester United atas FC Copenhagen," kata Jurubicara FA.

"Kami puas dengan penjelasan Alejandro Garnacho dan konteks yang diberikannya, jadi kami tidak akan menerbitkan tindakan disipliner dalam hal ini. Namun, kami telah mengingatkan pemain akan tanggung jawabnya seputar pos media sosial dan penggunaan emoji, terutama yang dapat ditafsirkan dengan berbagai cara," tambah sang jurubicara.

"Kami juga bermaksud berkoordinasi dengan Kick It Out dan PFA untuk membahas masalah potensial lain seputar penggunaan emoji dan bentuk pesan serupa, serta pendidikan yang dapat diberikan tentang hal tersebut," tambahnya.

Terdapat preseden di mana pemain dikenai sanksi atas pos media sosial yang mengandung referensi diskriminatif yang hanya dimaksudkan untuk bersenda gurau, bahkan jika niatnya tidak untuk menyakiti.

Mantan penyerang Manchester United, Edinson Cavani, dihukum larangan tiga pertandingan dan denda  100.000 pound pada tahun 2020 ketika dia memposting komentar di media sosial yang mengandung kata-kata kasar berdasarkan ras untuk berterima kasih kepada seorang penggemar.

Pada tahun 2019, gelandang Manchester City, Bernardo Silva, dihukum larangan satu pertandingan, denda  50.000 pound, dan diperintahkan mengikuti kursus pendidikan karena sebuah tweet yang merendahkan sesama pemain, Benjamin Mendy.

Sporting Equals, yang didirikan untuk mempromosikan keragaman etnis, mengatakan dalam pernyataannya setelah tweet tersebut bahwa penting bagi Garnacho untuk belajar dari kesalahan seputar "sensitivitas budaya". Kelompok tersebut meminta klub-klub Liga Premier untuk meningkatkan program pendidikan mereka.

"Ini adalah peluang belajar bagi Garnacho dan sepak bola secara umum. Fokus seharusnya pada penampilan Onana sekarang, bukan pada komentar yang kurang sensitif - terlepas dari niat yang baik," ungkap organisasi itu.

"Dalam upaya menghindari hal ini terulang, kami akan mendorong semua klub dan Liga Premier untuk meninjau pelatihan, memberikan pendidikan, dan memberikan informasi. Memahami pengalaman hidup rekan setim akan membantu mengurangi risiko mengucapkan atau menulis sesuatu yang dapat dianggap kurang sensitif. Kami ingin menekankan bahwa ini bukan alasan untuk mengkritik Garnacho, melainkan kesempatan untuk menjadi lebih baik dalam sepak bola," ungkap Sporting Equals.