Aitana Bonmati dari Spanyol dan Barcelona Memenangkan <i>Women's Ballon d'Or</i> untuk Pertama Kalinya
Aitana Bonmati, gelandang Spanyol dan Barcelona FC ini berhasil memenangkan Women's Ballon d'Or (foto: twitter @FCBfemeni)

Bagikan:

JAKARTA - Ramai pemberitaan Lionel Messi memperoleh predikat Men's Balln d'Or, sepertinya telah menepis prestasi yang juga diraih pesepak bola wanita asal Spanyol, ​​Aitana Bonmati.  

Gelandang Spanyol dan Barcelona FC ini berhasil memenangkan Women's Ballon d'Or untuk pertama kalinya. Pada usia 25 tahun, dia mengalami tahun yang sangat sukses dengan membantu klubnya meraih gelar juara di liga tertinggi Spanyol dan Liga Champions. Ia juga membantu negaranya meraih Piala Dunia musim panas lalu.

Prestasinya juga diakui saat dia dinobatkan sebagai pemain terbaik UEFA pada bulan Agustus. Ini seakan prestasi tak terbantahkan jika dibandingkan dengan kontroiversi yang ada pada Messi. 

Sementara itu kiper tim nasional Inggris, Mary Earps, berhasil meraih peringkat kelima, sementara rekan setimnya, Rachel Daly, menduduki peringkat kesepuluh. Pemain Lionesses lainnya, Millie Bright dan Georgia Stanway, juga masuk dalam daftar nominasi.

Sam Kerr dari Chelsea dan Australia menempati peringkat kedua, diikuti oleh Salma Paralluelo dari Barcelona dan Spanyol di peringkat ketiga, dan Fridolina Rolfo dari Barcelona dan Swedia di peringkat keempat.

"Saya sangat bangga memenangkan Ballon d'Or. Sepak bola adalah olahraga kolektif, jadi saya ingin membagi penghargaan ini dengan rekan-rekan setim dan staf kami," kata Bonmati setelah pengumuman kemenangannya.  

"Akhirnya, selamat kepada nominee lainnya. Mereka adalah pemain sepak bola hebat. Sebagai panutan, kami memiliki tanggung jawab di dalam dan di luar lapangan. Kami harus menjadi lebih dari atlet dan terus memberikan contoh dan berjuang bersama untuk dunia yang lebih baik, damai, dan setara," ucapnya.

Kemenangan Spanyol dalam Piala Dunia terhalang oleh kontroversi presiden federasi sepak bola Spanyol, Luis Rubiales, yang mencium Jenni Hermoso setelah final, yang ia klaim tidak bersifat sukarela. Bonmati sendiri mencetak tiga gol dalam turnamen itu di Australia dan Selandia Baru saat Spanyol akhirnya mengalahkan Inggris dalam final.

Ia telah memenangkan empat gelar liga dengan Barcelona dan dua Liga Champions. Ini adalah edisi kelima Women's Ballon d'Or, di mana rekan setimnya di Barcelona, ​​Alexia Putellas, memenangkan penghargaan tersebut dalam dua tahun terakhir.

Peringkat sepuluh besar Women's Ballon d'Or:

  1. Aitana Bonmati (Spanyol dan Barcelona)
  2. Sam Kerr (Australia dan Chelsea)
  3. Salma Paralluelo (Spanyol dan Barcelona)
  4. Fridolina Rolfo (Swedia dan Barcelona)
  5. Mary Earps (Inggris dan Manchester United)
  6. Olga Carmona (Spanyol dan Real Madrid)
  7. Alexandra Popp (Jerman dan VfL Wolfsburg)
  8. Patricia Guijarro (Spanyol dan Barcelona)
  9. Linda Caicedo (Kolombia dan Real Madrid)
  10. Rachel Daly (Inggris dan Aston Villa