Bagikan:

JAKARTA - Newcastle United menelan kekalahan pertama di Liga Champions. Kekalahan 0-1 itu justru dialami Newcastle saat menjamu Borussia Dortmund di pertandingan Grup F di Stadion St James' Park, Kamis 26 Oktober dini hari WIB.

Hasil yang mengecewakan dan menjadi antiklimaks Newcastle. Bagaimana tidak, di laga sebelumnya yang juga digelar di kandang sendiri, Newcastle membantai tim kuat Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor 4-1.

Kemenangan besar yang membawa The Magpies ke puncak klasemen. Namun Newcastle langsung kehilangan konsistensi saat menjamu Dortmund dan harus kehilangan posisinya setelah mengalami kekalahan.

Kekalahan di kandang menjadikan tim Premier League Inggris ini turun ke peringkat tiga dengan poin empat. Sama dengan perolehan poin Dortmund, namun Newcastle kalah selisih gol.

Sementara, PSG yang meraih kemenangan besar 3-0 atas AC Milan menduduki posisi puncak setelah mengantungi enam poin. Milan sendiri berada di dasar klasemen.

Tim Serie A Italia ini belum sekalipun meraih kemenangan dan baru memiliki dua poin dari dua kali imbang melawan Newcastle dan Dortmund.

Persaingan yang ketat dengan jarak poin yang rapat menjadikan tim-tim di grup itu belum bisa memastikan siapa yang lolos ke babak knockout.

PSG memang berada di pole position setelah menduduki puncak klasemen. Sedangkan Dortmund membuka harapan untuk lolos meski tetap bersaing dengan Newcastle dan Milan.

Di pertandingan itu, Newcastle dan Dortmund sama-sama mengalami kesulitan menghadapi pertahanan lawan. Dortmund akhirnya memecahkan kebuntuan lewat Felix Nmecha yang mencetak gol menjelang akhir babak pertama.

Newcastle sesungguhnya mampu bangkit di babak kedua. Paling tidak, The Toon Army mendapat peluang yang bisa dikonversi menjadi gol.

Hanya saja, sundulan Callum Wilson masih membentur tiang gawang. Demikian pula peluang Anthony Gordon di menit terakhir juga gagal membuahkan gol sehingga skor 1-0 untuk Dortmund tak berubah begitu peluit akhir pertandinan dibunyikan.

Manajer Newcastle Eddie Howe tak urung mengungkapkan kekecewaannya karena tim gagal memanfaatkan keuntungan saat bermain di laga home. Menurut dia Newcastle tak selayaknya kalah di laga itu.

"Saya yakin kami tak layak kalah di pertandingan ini," kata Howe.

"Kini kami dalam situasi sulit. Namun tidak ada yang mudah di Liga Champions. Kami harus bisa menang di pertandingan tandang yang sudah pasti bakal tidak mudah. Tetapi kami harus siap menghadapinya," ucap dia lagi.

Sementara, pelatih Dortmund Edin Terzic menuturkan bila tim sedikit beruntung bisa menang. Ini tidak terlepas dari pertahanan solid Dortmund yang menyulitkan Newcastle.

"Di babak kedua, kami memang memperkuat pertahanan. Kami juga sedikit beruntung sehingga bisa menang," kata Terzic.

Menurut dia persaingan di Grup F memang ketat dan setiap tim bakal berjuang keras untuk lolos.