AC Milan Tampil di Liga Europa, Newcastle United Tersingkir
Pemain AC Milan Samuel Chukwueze (kiri) merayakan gol yang menentukan kemenangan tim di Liga Champions (X/@acmilan)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan akhirnya merebut tiket ke Liga Europa setelah mengalahkan Newcastle United 2-1 di laga pamungkas Grup F Liga Champions di Stadion St James' Park, Kamis, 14 Desember dini hari WIB. Newcastle sendiri tersingkir dengan menduduki dasar klasemen.

Newcastle menjadi wakil berikutnya dari Premier League Inggris setelah Manchester United yang gagal melanjutkan kiprah di kompetisi Eropa.

Mereka tidak hanya gagal lolos ke 16 besar Liga Champions tetapi juga tak bisa tampil di Liga Europa setelah mengakhiri penyisihan grup di posisi paling bawah.

Newcastle sesungguhnya berpeluang meraih tiket ke babak knockout Liga Champions. Bahkan The Magpies yang bertindak sebagai tuan rumah sudah unggul lebih dulu. Namun Milan mampu membalikkan keadaan dan mengalahkan Newcastle.

Pengalaman dan kekuatan mental menjadi kelemahan Newcastle saat kembali berkompetisi di Eropa setelah cukup lama absen. Selain itu faktor keberuntungan juga tak menghinggapi The Toon Army.

Pelatih AS Roma Jose Mourinho yang pernah dua kali memenangi Liga Champions dan sekali Liga Europa menuturkan bila keberuntungan turut berperan dalam tim untuk memenangi laga di Eropa.

Kekalahan itu menjadikan Newcastle berada di dasar klasemen dengan poin lima. Sementara, Milan berhasil naik ke posisi tiga dengan poin delapan.

Meski memiliki poin sama dengan Paris Saint-Germain yang bermain imbang 1-1 melawan Borussia Dortmund, namun Milan kalah selisih gol. PSG juga unggul head-to-head dengan Milan.

Dengan hasil tersebut, Milan akhirnya berkompetisi di kasta kedua Eropa. Sedangkan PSG mendampingi Dortmund berlaga di 16 besar Liga Champions.

MIlan sendiri harus bekerja keras saat menyambangi markas Newcastle. Di laga yang harus dimenangkan Newcastle maupun Milan, kedua tim pun saling serang.

Tuan rumah mengancam pertahanan Milan melalui Bruno Guimaraes. Hanya tendangan keras dia masih bisa ditepis kiper Mike Maignan sehingga melambung melewati atas mistar gawang.

Selanjutnya, giliran Milan yang nyaris membobol gawang Newcastle melalui Rafael Leao. Namun sepakan pemain Portugal ini masih membentur tiang gawang.

Newcastle unggul lebih dulu saat gelandang Joelinton membobol gawang Milan di menit 33. Skor 1-0 yang membuka harapan tuan rumah ini sempat bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Newcastle seharusnya berupaya mempertahankan keunggulan. Namun Milan malah bermain lebih baik dan mampu mengungguli Newcastle dalam penguasaan bola.

Hasilnya, pemain sayap Christian Pulisic sukses menyamakan kedudukan di menit 59. Eks pemain Chelsea ini menyambut umpan matang dari Olivier Giroud dan menuntaskanya menjadi gol.

Milan pun mengejutkan Newcastle saat berbalik unggul melalui Samuel Chukwueze di menit 84.

Gol tercipta lewat serangan balik Rossoneri dan diakhiri Noah Okafor yang mengirim umpan kepada Chukwueze. Lewat assist itu, pemain timnas Nigeria ini membobol gawang Newcastle.

Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan sampai akhir laga. Milan pun lolos dan memulai pertarungan di Liga Europa.