AC Milan vs Rennes: Motivasi Tinggi Stefano Pioli di Liga Europa
AC Milan termotivasi tinggi menghadapi Rennes di Liga Europa. (X/@acmilan)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan harus melakoni playoff Liga Europa 2023/2024 demi meraih tiket ke 16 besar. Pelatih Stefano Pioli menyatakan Milan memiliki motivasi tinggi saat menghadapi Rennes di laga pertama yang digelar di Stadion San Siro, Jumat, 16 Februari 2024, dini hari pukul 03.00 WIB.

Berkompetisi di kasta kedua Eropa bukan berarti Milan bakal melenggang mudah. Ya, Milan bertarung di Liga Europa setelah menduduki peringkat tiga di klasemen akhir penyisihan grup.

Milan yang berada di Grup F yang merupakan grup maut akhirnya menduduki peringkat tiga di bawah Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain. Sementara, Newcastle United tersingkir setelah menduduki dasar klasemen.

Pioli menuturkan bila persaingan di Liga Europa tidak kalah sulit dibandingkan Liga Champions. Namun Rossoneri, menurut Pioli, termotivasi tinggi mengalahkan Rennes.

"Pertandingan di kompetisi Eropa selalu sulit. Kami harus banyak mempelajari Rennes. Mereka tim yang memiliki organisasi permainan yang sangat rapi. Mereka punya kualitas dan kerap memainkan bola-bola vertikal. Kami harus hati-hati menghadapi mereka," ujar Pioli.

"Selama ini, Milan belum pernah memenangi Liga Europa. Ini memberi motivasi ekstra bagi kami. Pertandingan ini bakal penting bagi kedua tim," kata dia lagi.

Pioli mengakui tak sedikit pemainnya yang sebelumnya tak pernah bermain di kompetisi Eropa. Bagi pemain yang sudah bergabung sejak musim lalu tentu baru merasakan Liga Champions.

Meski demikian, Olivier Giroud dan kolega mampu bertahan sampai semifinal sebelum disingkirkan Inter Milan di Derby della Madonnina.

"Banyak pemain yang merupakan debutan di kompetisi Eropa selama beberapa tahun terakhir. Jadi, kami akan memberikan yang terbaik di laga ini," kata Pioli.

"Kami punya ambisi besar dan ingin bertahan sampai akhir. Rennes memang tim yang bagus. Ligue 1 Perancis memang berbeda dengan Serie A Italia. Tim-tim bermain dengan intensitas dan teknik tinggi," ucapnya.

Pada laga itu, Milan masih tidak diperkuat Fikayo Tomori, Pierre Kalulu, dan Davide Calabri. Mereka absen karena belum pulih dari cedera. Sedangkan Rennes tanpa Enzo Le Fee dan Fabian Rieder.

Prakiraan Susunan Pemain

AC Milan (4-2-3-1): Maignan; Florenzi, Kjaer, Gabbia, Theo Hernandez; Reijnders, Musah; Pulisic, Loftus-Cheek, Leao; Giroud

Rennes (4-4-2): Mandanda; G. Doue, Wooh, Theate, Truffert; Bourigeaud, Matusiwa, Santamaria, D. Doue; Terrier, Kalimuendo