Rennes vs AC Milan: Selangkah Lagi Menuju 16 Besar
AC Milan tak terlena saat menghadapi Rennes pada laga kedua play-off Liga Europa. (X/@acmilan)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan selangkah lagi ke 16 besar Liga Europa 2023/2024. Kemenangan telak 3-0 pada laga pertama menjadi modal berharga Milan saat melakoni laga kedua playoff melawan Rennes di Stadion Roazhon Park, Jumat, 23 Februari 2024, dini hari WIB.

Milan di atas angin meski harus menyambangi markas Rennes. Apalagi, pelatih Stefano Pioli bisa menurunkan skuat terbaik di laga tersebut.

Sebelumnya Pioli merombak skuat dengan tidak memainkan enam pemain inti saat menghadapi Monza di pertandingan Serie A 2023/2024 akhir pekan lalu. Hasilnya, Milan harus mengakui keunggulan Monza 2-4.

Kini, Rossoneri fokus pada laga krusial di kompetisi kasta kedua Eropa. Keunggulan tiga gol menjadikan Milan hanya butuh hasil imbang untuk meraih tiket ke 16 besar.

Hanya saja, Pioli tak ingin pemain terlena. Menurut dia, pertarungan belum usai. Rennes tetap memiliki peluang untuk membalikkan keadaan meski harus mencetak minimal empat gol.

"Kemenangan di laga pertama memberi keuntungan besar bagi kami. Namun, ini belum berakhir dan masih ada pertandingan lain yang tidak kalah sulit," kata Pioli.

"Kami harus bermain dengan cara yang tepat. Apalagi, kami menghadapi Rennes yang memiliki rekor bagus saat bermain di kandang sendiri. Kami juga sudah saling mengenal setelah pertandingan pertama. Mereka tentu berusaha membalikkan keadaan," ujarnya.

Lebih lanjut, Pioli menyebut Rennes sebagai tim yang bagus dan tak bisa diremehkan.

"Rennes tim yang bagus. Mereka kembali jalur menang di pertandingan liga meski tak menurunkan lima pemain inti. Jadi, salah besar bila kami beranggapan tugas sudah berakhir (usai kemenangan 3-0)," ucap Pioli lagi.

Meski hanya butuh hasil imbang, Pioli tetap berharap tim tampil ofensif. Striker Luka Jovic akan menjadi starter karena dirinya bakal absen di pertandingan Serie A. Dengan demikian, striker veteran Olivier Giroud akan duduk di bench.

Pemain sayap Rafael Leao yang diturunkan di babak kedua saat melawan Monza kembali menjadi pilihan pertama.

Apalagi, dia sudah pulih dari cedera betis. Begitu pula Christian Pulisic akan turun sejak menit pertama. Bersama Leao dan Ruben Loftus-Cheek, dia akan menopang Jovic.

Gelandang bertahan Milan akan diisi Yacine Adli dan Tijani Reijnders. Sementara, kuartet belakang dipimpin Simon Kjaer dan Theo Hernandez.

Sementara, Rennes kembali diperkuat dua pilar, Benjamin Bourigeaud dan Desire Doue. Hanya di depan, pelatih Julien Stephan bakal menurunkan Martin Terrier dan Amine Gouiri.

Stephan tidak melakukan perubahan pada posisi lain. Dirinya hanya berharap Rennes bisa mengejar defisit tiga gol lebih dulu untuk menyamakan agregat sebelum membalikkan keadaan.

Prakiraan Susunan Pemain

Rennes (4-4-2): Mandanda; G. Doue, Omari, Theate, Truffert; Bourigeaud, Matusiwa, Santamaria, D. Doue; Gouiri, Terrier

AC Milan (4-2-3-1): Maignan; Florenzi, Gabbia, Kjaer, Hernandez; Adli, Reijnders; Pulisic, Loftus-Cheek, Leao; Jovic