Hancurkan Rennes, AC Milan Selangkah Lagi ke 16 Besar Liga Europa
Gelandang Ruben Loftus-Cheek membawa AC Milan menang 3-0 atas Rennes di laga pertama play-off Liga Europa. (X/@acmilan)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan tampi cemerlang dengan menghancurkan Rennes 3-0 di pertandingan pertama play-off Liga Europa. Kemenangan telak dalam duel di Stadion San Siro, Jumat, 16 Februari 2024 dini hari WIB, Milan selangkah lagi lolos ke 16 besar.

Rennes boleh membuat rekor delapan kemenangan berturut-turut di kompetisi Ligue 1 Prancis. Namun rekor gemilang itu tak berarti apa-apa di hadapan Milan.

Milan yang saat ini menduduki pringkat tiga klasemen Serie A Italia masih terlalu kuat bagi Rennes. Bermain ofensif saat bertindak sebagai tuan rumah, Milan mampu mencetak tiga gol tanpa balas.

Kemenangan ini menjadikan I Rossoneri selangkah lagi melaju ke 16 besar. Mereka hanya butuh hasil imbang pada laga kedua di kandang Rennes di Stadion Roazhon Park, 23 Februari 2024 dini hari WIB.

Sebaliknya, Rennes harus berjibaku habis-habisan untuk membalikkan keadaan. Mereka harus bisa mengejar defisit tiga gol.

Dalam duel itu, Milan langsung menggebrak pertahanan Rennes. Akibatnya, tim tamu tak mampu mengembangkan permainan secara maksimal.

Pertandingan baru berjalan beberapa menit, pemain sayap Rafael Leao sudah mengancam gawang Rennes. Tendangan keras Leao yang sudah mengarah sasaran akhirnya melambung karena dihalangi bek Warmed Omari.

Rennes memang membangun pertahanan yang kokoh untuk menghadapi serangan bergelombang Milan. Strategi meka berjalan cukup efektif selama setengah jam pertandingan

Namun mereka akhirnya kebobolan setelah gelandang serang Ruben Loftus-Cheek berhasil mencetak gol di menit 32.

Gol berawal dari umpan silang Alessandro Florenzi yang disambut dengan sundulan Loftus-Cheek yang menaklukkan kiper Steve Mandanda.

Milan pun unggul 1-0. Hanya saja tidak ada lagi gol yang tercipta meski Milan kembali mendapat peluang melalui Olivier Giroud dan Leao. Skor satu gol itu bertahan sampai turun minum.

Memasuki babak kedua, Milan tak menurunkan tempo permainan. Laga baru berjalan dua menit, Loftus-Cheek berhasil mencetak brace yang menjadikan Milan leading 2-0.

Gol kedua deri eks pemain Chelsea ini tercipta setelah dirinya memanfaatkan bola liar. Berawal dari sepak pojok Simon Kjaer yang disambut dengan sundulan Theo Hernandez.

Namun upaya Hernandez secara gemilang digagalkan Mandanda. Bola pun menjadi rebound yang langsung disambut Loftus-Cheek dengan sundulan secara diving.

Tim asuhan Stefano Pioli tak butuh lama untuk memperbesar keunggulan. Di menit 52, Leao sukses membobol gawang Rennes lewat kolaborasi dengan Hernandez.

Berawal dari umpan back-heel alias tumit belakang, Leao memberikan bola kepada Hernandez. Selanjutnya, pemain timnas Pranci ini memberikan umpan balik kepada Leao yang dikonversinya menjadi gol.

Unggul tiga gol menjadikan Milan kian agresif. Tercatat Christian Pulisic nyaris menambah gol.

Namun usahanya secara gemilang digagalkan kiper Mandanda. Skor tetap 3-0 untuk Milan saat menutup pertandingan.