AC Milan Lolos ke 16 Besar Liga Europa meski Kalah Lawan Rennes
Striker AC MIlan Luka Jovic merayakan gol yang dicetaknya saat melawan Rennes di Liga Europa. (X/@acmilan)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan lolos ke babak 16 besar Liga Europa 2023/2024 meski mengalami kekalahan lawan Rennes. Pada laga kedua playoff di Stadion Roazhon Park, Rennes, Jumat, 23 Februari 2024, dini hari WIB, Rennes menang 3-2. Namun, Milan unggul agregat 5-3

Kemenangan telak 3-0 pada laga pertama sangat membantu Milan menyingkirkan Rennes. Apalagi, Milan juga berhasil mencetak gol di laga kedua.

Hanya saja Milan harus bekerja keras meladeni Rennes yang bermain agresif. Gelandang Benjamin Bourigeaud sukses mencetak hattrick bagi tuan rumah dengan dua gol di antaranya dari titik penalti.

Namun, Milan yang berlaga di playoff karena menduduki peringkat ketiga di Liga Champions 2023/2024 pun berjibaku sehingga berhasil mencetak dua gol. Ini memungkinkan Rossoneri bisa mengamankan tiket ke babak knockout Liga Europa.

Di laga itu, Rennes yang langsung menggelar permainan ofensif mampu unggul cepat. Bourigeaud membuka kemenangan tim Ligue 1 Perancis itu di menit 11. Dirinya menyelesaikan assist dari Baptiste Santamaria.

Hanya saja, keunggulan Rennes tak bertahan lama. Striker Milan Luka Jovic sukses membobol gawang tuan rumah pada menit ke-22.

Gol Jovic tercipta setelah dia menuntaskan umpan matang Theo Hernandez. Ini merupakan gol ke-11 Jovic selama 15 penampilan di kompetisi Eropa. Skor 1-1 bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Rennes kembali menggebrak dengan menekan pertahanan Milan. Usaha mereka langsung membuahkan hasil setelah mendapat hadiah penalti pada menit ke-53.

Wasit memberikan penalti setelah bek Milan Simon Kjaer menjatuhkan Martin Terrier di area terlarang. Bourigeaud pun menuntaskan eksekusi dengan baik.

Sayangnya, Rennes memiliki pertahanan rapuh. Meski pemain depan mencetak gol, gawang mereka juga selalu kebobolan.

Terbukti, hanya berselang lima menit, Milan sudah bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Kali ini, Rafael Leao yang mencatatkan nama di papan skor.

Rennes memang tak menyerah. Tuan rumah kembali mendapat hadiah penalti pada menit ke-68. Jovic dinyatakan handball di kotak penalti sehingga wasit menunjuk titik putih.

Bourigeaud kembali menuntaskan tugas dengan baik sekaligus melengkapi hattrick. Skor berubah menjadi 3-2 untuk Rennes dan bertahan sampai akhir laga. Milan tetap lolos karena unggul agregat.