Prediksi 16 Besar Liga Champions Borussia Dortmund vs Chelsea: Tim Inggris Selalu Jadi Mimpi Buruk Die Borussen
Borussia Dortmund akan menjamu Chelsea di leg pertama 16 besar Liga Champions. (Foto: Twitter/@BlackYellow)

Bagikan:

JAKARTA – Borussia Dortmund akan bersua Chelsea di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022/2023. Ini adalah pertemuan perdana di antara kedua tim di kompetisi ini.

Duel itu akan berlangsung di markas Dortmund, Signal Iduna Park, Kamis, 16 Februari dini hari WIB. Kick off pertandingan dimulai pada pukul 03.00 WIB.

Dortmund melaju ke babak gugur setelah finis di posisi kedua di Grup G di belakang Manchester City. Sementara itu, The Blues berhasil melewati hadangan AC Milan, Red Bull Salzburg, dan Dinamo Zagreb, untuk menempati posisi teratas di Grup E.

Tuan rumah baru saja memperpanjang rekor kemenangan mereka sejak jeda Piala Dunia menjadi enam laga di seluruh kompetisi. Terbaru mereka menang 2-0 Werder Bremen pada lanjutan Bundesliga Jerman di akhir pekan kemarin.

Saat ini Dortmund berada di peringkat ketiga di klasemen sementara Bundesliga.

Dengan modal itu Dortmund tentu percaya diri menyambut raksasa Inggris tersebut. Apalagi mereka tercatat cuma menelan empat kekalahan dalam 21 pertandingan terakhir mereka saat bermain di kandang untuk kompetisi ini.

Akan tetapi, tiga dari jumlah kekalahan tersebut justru terjadi saat mereka menghadapi tim asal Inggris. Kenyataannya tim berjuluk Die Borussen ini memang selalu kesulitan ketika menghadapi wakil-wakil dari Negeri Pangeran Charles III itu.

Statistik bahkan menunjukkan mereka gagal memenangkan satu pun dari 10 pertandingan terakhir mereka di kompetisi Eropa saat bersua tim Inggris. Jumlah itu termasuk delapan kekalahan yang mereka alami.

Kemenangan terakhir mereka melawan tim Inggris terjadi pada Maret 2016 saat melawan Tottenham Hotspur di Liga Eropa. Ketika itu, penyerang Chelsea saat ini Pierre-Emerick Aubameyang mencetak dua gol dalam kemenangan 2-1.

Selain catatan yang tidak memuaskan setiap kali bersua wakil Inggris, Dortmund juga melewati babak grup dengan hanya memenangkan dua dari enam laga mereka.

Namun, saat ini Chelsea yang akan menjadi lawan mereka juga sedang terpuruk. The Blues hanya memenangkan satu dari delapan pertandingan mereka sejak pergantian tahun.

The Blues juga bermain imbang dalam tiga pertandingan terakhir mereka di Premier League, termasuk hasil imbang 1-1 di kandang West Ham United pada Sabtu kemarin.

Harapan Chelsea untuk finis di empat besar klasemen akhir Liga Premier Inggris terus memudar. Pasalnya, mereka saat ini berada di peringkat sembilan klasemen sementara dan tertinggal 10 poin dari Newcastle United yang berada di peringkat empat.

Untuk itu, klub asal London Barat ini mungkin harus berjuang keras di Liga Champions Eropa musim jika mereka ingin kembali berlaga di kompetisi paling elit antarklub Eropa tersebut musim depan.

Juara Liga Champions Eropa musim 2011/2012 dan 2020/2021 ini mengalami awal yang sulit di babak penyisihan grup. Mereka menderita kekalahan mengejutkan 0-1 melawan Dinamo Zagreb yang mengakhiri masa kepelatihan Thomas Tuchel.

Beruntung mereka mereka bisa bangkit kembali di bawah asuhan Potter dan memenangkan empat pertandingan tersisa untuk memuncaki Grup E di depan AC Milan yang berada di posisi kedua.

Sejak kemenangan tandang 2-1 melawan Red Bull Salzburg pada 25 Oktober lalu, Chelsea gagal memenangkan salah satu dari sembilan pertandingan tandang terakhir mereka di semua kompetisi.

Oleh karena itu, untuk mengamankan hasil positif melawan Dortmund adalah tantangan berat buat The Blues. Selain itu, mereka juga hanya memenangkan tiga dari 11 pertandingan tandang terakhir melawan tim asal Jerman.

Borussia Dortmund vs Chelsea

Leg Pertama 16 Besar Liga Champions

Stadion Signal Iduna Park

Kamis, 16 Februari

Kick Off: 03.000 WIB

Prakiraan Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Kobel; Ryerson, Hummels, Schlotterbeck, Guerreiro; Bellingham, Can; Adeyemi, Reus, Brandt; Haller

Chelsea (4-2-3-1): Arrizabalaga; James, Thiago Silva, Koulibaly, Chilwell; Loftus-Cheek, Fernandez; Mount, Felix, Mudryk; Havertz