Bagikan:

JAKARTA - Tottenham Hotspur akhirnya merebut kembali posisi puncak klasemen Premier League Inggris. Tottenham sukses menggeser Manchester City dari singgasana setelah menang 2-0 atas Fulham dalam London Derby di Stadion Tottenham Htspur, Selasa, 24 Oktober dini hari WIB.

Tottenham yang sesungguhnya menjadi penguasa liga saat kompetisi memasuki masa jeda karena agenda pertandingan internasional. Kemenangan 1-0 atas Luton Town yang membawa mereka ke puncak.

Saat liga kembali bergulir, Tottenham mendapat jadwal pertandingan paling akhir. Jadinya, The Lilywhites hanya bisa menyaksikan Liverpool, Man City dan Arsenal, berebut posisi puncak.

Man City yang akhirnya keluar sebagai pemenang setelah menang 2-1 atas Brighton and Hove Albion. Sementara, Arsenal hanya bisa menyamai poin Man City menjadi 21 setelah bermain imbang 2-2 melawan Chelsea dalam London Derby di Stamford Bridge.

Sempat bertengger di puncak, namun Man City harus merelakan takhta klasemen kembali kepada Tottenham. Kemenangan atas Fulham menjadikan The Lilywhites memiliki poin 23. Klub London Utara ini pun memimpin sendirian di klasemen.

Fulham sendiri berkutat di papan bawah setelah kembali gagal meraih poin setiap kali bertemu sesama tim London di kompetisi domestik. Mereka menduduki peringkat 13 dengan 11 poin.

Dalam laga itu, Tottenham yang tampil di kandang pendukung sendiri sepenuhnya mendominasi. Pertandingan baru berjalan beberapa menit, kapten Son Heung-min sudah mengancam gawang The Cottagers yang dikawal kiper Bernd Leno.

Selanjutnya, giliran Fulham mendapat peluang yang nyaris mengejutkan pemain Tottenham di menit 11. Berawal dari sepak pojok Andreas Pereira yang disambut Joao Palhinha. Beruntung, sundulan keras Palhinha bisa ditepis dengan baik oleh kiper Guglielmo Vicario.

Totteham kembali berinisiatif menyerang saat menguasai bola. Kali ini, Richarlison nyaris membobol gawang Fulham lewat serangan balik yang cepat.

Bila pemain depan timnas Brasil ini gagal, sebaiknya Son tak melakukan kesalahan dan memecah kebuntuan pada menit 36.

Gol berawal dari serangan Tottenham yang bisa digagalkan Leno. Namun bola kemudian menjadi liar sehingga terjadi kemelut Richarlison kemudian memberikan bola kepada Son yang melepaskan tendangan ke gawang Leno.

Ini merupakan gol ketujuh Son di musim ini. Skor 1-0 untuk Tottenham bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Tottenham melakukan start agak lambat. Ini memberi kesempatan Fulham mengembangkan permainan. Hanya saja, serangan mereka yang dimotori Carlos Vinicius dan eks pemain Chelsea Willian selalu gagal.

Sebaliknya, Tottenham yang berhasil memperbesar keunggulan. Kali ini James Maddison, tandem Son, yang mencetak gol di menit 54.

Dirinya berhasil memanfaatkan assist dari bintang Korea Selatan ini. Skor menjadi 2-0 untuk Tottenham. Tidak ada lagi gol dari kedua tim. Skor pun tak berubah dan Tottenham memenangkan derby.