Bagikan:

JAKARTA - Tottenham Hotspur kembali meraih kemenangan di London Derby. Di pertandingan Premier League Inggris di Stadion Selhurst Park, Sabtu, 28 Oktober dini hari WIB, Tottenham menang 2-1 atas Crystal Palace. Kemenangan yang mengukuhkan posisi Tottenham di puncak klasemen.

Tottenham terus melaju meninggalkan para pesaingnya setelah meraih kemenangan di laga tandang melawan sesama tim Kota London. Mereka juga tak terkalahkan dalam tiga London Derby secara berturut-turut.

Sebelumnya, Tottenham menang 2-0 atas Fulham. Mereka juga bermain imbang 2-2 saat meladeni tim tetangga sebelah, Arsenal, dalam The North London Derby.

Kemenangan atas Palace menjadikan Tottenham menjauh dari Manchester City, sang juara bertahan sekaligus pesaing terdekat. Saat ini, The Lilywhites memiliki poin 26. Unggul lima poin dari Man City.

Man City pun terancam gagal mendekati Tottenham karena menghadapi lawan tak mudah, Manchester United, dalam Manchester Derby di Old Trafford, Minggu 29 Oktober malam WIB.

Bila sampai kehilangan poin, Man City bakal digeser Arsenal, Liverpool atau Aston Villa. Dengan catatan tiga tim tersebut meraih kemenangan. Jarak poin yang mepet menjadikan persaingan di empat besar klasemen Premier League memang ketat dan panas.

Tottenham sendiri tidak hanya memperlebar jarak poin tetapi juga menjadi salah satu dari dua tim bersama Arsenal yang belum pernah kalah di kompetisi domestik.

Dalam laga tandang itu, Tottenham menunjukkan performa maksimal. Apalagi, Son-Heung min dkk tidak berkompetisi di Eropa sehingga mereka dalam kondisi lebih bugar saat melakoni laga melawan Palace.

Hanya saja, Tottenham mengalami kesulitan dalam laga menghadapi lawan sesama tim London. Palace yang menduduki peringkat 11 dengan 12 poin benar-benar merepotkan pertahanan Tottenham.

Ini yang membuat pasukan Ange Postecoglou harus bekerja keras mengimbangi permainan ngotot Palace. Mereka pun sempat frustrasi karena tak bisa mencetak gol sampai 45 menit pertama meski ball possession Tottenham mencapai 70%.

Di babak kedua, Tottenham tetap menguasai permainan. Kesabaran mereka akhirnya membuahkan hasil saat bek Joel Ward membuat gol bunuh diri di menit 53.

Gol berawal dari serangan yang dibangun oleh Pedro Porro dari sisi kanan. Dirinya kemudian memberikan bla kepada James Maddison yang langsung melepaskan umpan silang.

Hanya bola silang yang hendak dibuang Ward itu malah meluncur ke gawang sendiri. Skor 1-0 untuk Tottenham.

Tottenham pun kian agresif menekan tuan rumah. Dan, tak lama kemudian, Son sukses memperbesar keunggulan Tottenham lewat sepakan dari jarak dekat. Gol ke-8 dari kapten yang menggantikan Harry Kane ini tercipta di menit 66.

Palace akhirya hanya bisa memperkecil ketinggalan setelah Jordan Ayew yang menyambut umpan silang dari Joachim Anderson sukses menaklukkan Guglielmo Vicario.

Peristiwa gol itu sempat ditinjau wasit lewat VAR karena ada kemungkinan handball. Namun wasit akhirnya memutuskan gol itu tetap sah. Skor akhir menjadi 2-1 untuk Tottenham.