Bagikan:

JAKARTA – Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-17 2023 Indonesia tinggal menghitung hari saja. Berikut ini lima pemain dari Asia yang patut diperhatikan saat membela negara mereka di ajang tersebut.

Kompetisi kelompok usia ini akan berlangsung dari 10 November sampai 2 Desember 2023. Ada ratusan talenta muda dari 24 negara pun akan datang ke Indonesia untuk unjuk gigi di panggung ini.

Indonesia sebagai tuan rumah otomatis mendapat satu tiket ke putaran final sehingga Asia total punya lima wakil yang siap tampil di edisi tahun ini. Empat negara lain adalah Korea Selatan, Jepang, Uzbekistan, dan Iran.

Kelima negara tersebut akan berusaha menjuarai turnamen ini untuk pertama kalinya atau negara kedua dari Asia yang melakukannya. Dari 18 edisi sebelum ini, hanya Arab Saudi yang pernah keluar sebagai juara mewakili Asia.

Berikut ini 5 talenta Asia yang perlu diperhatikan di Indonesia nanti:

Ryunosuke Sato (Jepang)

Sato memiliki kemampuan teknik yang mengesankan dan intelegensi tinggi. Ukuran seorang pemain yang masih berusia begitu belia, dia adalah salah satu talenta yang sangat jenius.

Pemain ini memiliki semangat juang yang tinggi sehingga sering bolak-balik membantu serangan maupun pertahanan tim.

Bintang muda FC Tokyo ini melakukan debut untuk klubnya saat berusia 16 tahun pada Maret 2023. Dia menjadi pemain termuda yang pernah menjadi starter di klub tersebut.

Yun Do-yong (Korea Selatan)

Do-yong yang berposisi sebagai pemain sayap adalah salah satu kreator serangan utama tim Korea Selatan. Dia sangat-sangat berbakat, memiliki kemampuan menggiring bola yang baik, serta mampu mencetak gol-gol krusial lewat kaki kirinya. Do-yong disebut-sebut mirip dengan legenda Belanda, Arjen Robben.

Pelatih Republik Korea U-17 Byun Sung-hwan biasanya menggunakan formasi 4-1-4-1 dan menyukai permainan cepat dari sisi sayap. Oleh karena itu, Do-yong diharapkan menjadi faktor kunci dalam serangan saat Korea Selatan bertekad untuk menorehkan sejarah di Indonesia.

Arkhan Kaka (Indonesia)

Arkhan adalah seorang penyerang yang memiliki naluri tajam dan cerdas dengan kemampuan penyelesaian akhir yang luar biasa. Pemain ini total mencetak tujuh gol dalam kompetisi kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Jumlah itu hanya satu gol di bawah pencetak gol terbanyak kualifikasi, Nestory Irankunda (Australia) dan Wang Yudong (Tiongkok). Selain menjadi pemain kunci untuk tim nasional U-17, Arkhan juga telah memperkuat tim U-20 Indonesia.

Amirmohammad Razaghnia (Iran)

Razaghina adalah seorang gelandang yang cerdas dan tenang. Dia memiliki jangkauan umpan yang beragam untuk membantu timnya mengatur tempo pertandingan.

Kemampuannya dalam membaca permainan sangat luar biasa. Selain itu, dia juga secara konsisten menggagalkan serangan lawan dengan intersep dan tekel yang akurat.

Lazizbek Mirzaev (Uzbekistan)

Pemain jebolan akademi Lokomotiv Tashkent ini merupakan sosok penting dalam timnya yang mencapai semifinal Piala Asia U-17 2023.

Mirzaev adalah seorang peramu serangan dengan stamina yang luar biasa. Dia terkenal dengan kemampuannya menciptakan peluang bagi rekan setimnya lewat umpan-umpan yang sangat akurat.