Bagikan:

JAKARTA - Polandia kembali ke Piala Dunia U-17, setelah absen selama 24 tahun di turnamen tersebut. Di Piala Dunia FIFA U-17 2023 Indonesia, Polandia berada di D bersama dengan Jepang, Senegal, dan Argentina.

Setelah sekira 24 tahun tidak berpartisipasi, Polandia kembali ke pentas global dengan datang ke Indonesia. Langkah Polandia dimulai 11 November 2023 di Stadion Si Jalak Harupat Bandung dengan dijamu Jepang. Kickoff rencananya akan dimulai pukul 16.00 WIB.

Pertandingan kedua Polandia di fase grup akan dijalani pada 14 November 2023 di Stadion Si Jalak Harupat dengan dijamu Senegal. Laga kedua tim dijadwalkan dimulai pukul 16.00 WIB.

Di pertandingan terakhir Polandia di fase penyisihan grup akan digelar 17 November 2023 dengan menjamu Argentia di Jakarta International Stadium. Laga terakhir Polandia di Grup D Piala Dunia U-17 tersebut akan dimulai pukul 16.00 WIB.

Polandia berangkat ke Indonesia usai mendapatkan kemenangan meyakinkan atas Irlandia dan Hongaria untuk bersaing ke fase gugur Kejuaraan Eropa U-17.

Itu adalah penampilan pertama mereka di Eropa U-17 sejak 2012. Kemenangan dramatis 3-2 atas Serbia di perempat final yang memastikan tempat mereka di Piala Dunia FIFA U-17 Indonesia.

Namun langkah Polandia dibuyarkan Jerman, setelah kalah 5-3 di babak semi final. Dan saat ini penampilan Polandia menjadi tanggung jawab sang juru racik Wlodarski.

Dia membawa asa tim-nya kembali ke putaran final kompetisi U-17. Wlodarski memiliki kebiasaan menerapkan gaya sepak bola menarik membangkitkan optimisme negara tersebut dapat lolos dari penyisihan Grup D yang cukup kompetitif.

Wlodarski biasa menerapkan sistem 3-5-2, yang membuat Polandia mampu mencetak 16 gol dalam lima pertandingan di putaran final Eropa U-17.

Pada penampilan berikutnya, lima gol berhasil dicetak Polandia atas tim-tim besar seperti Inggris dan Belgia dalam beberapa waktu terakhir.

Hal itu menunjukkan sistem dan racikan yang dibawa Wlodarski, saat ini dalam performa terbaiknya.

Di Indonesia Polandia memiliki Daniel Mikolajewski, seorang pemain depan muda yang menjadi bintang, dari sederetan pemain muda Polandia. Mikolajewski tampil menonjol di putaran final kompetisi Eropa, dengan mencetak dua gol di fase gugur.

Saat ini ia bersama tim muda Parma, menjadi salah satu pemain yang patut diwaspadai para kontestan Piala Dunia U-17 Indonesia 2023.

Piala Dunia U-17 edisi 2023, akan menjadi penampilan kali ketiganya Polandia di putaran final. Penampilan pertama mereka diperoleh pada 1993, ketika tim saat itu berisi pemain seperti Miroslaw Szykowiak, mampu mencapai semifinal.

Mereka disingkirkan Nigeria di semifinal dan kalah dalam perebutan tempat ketiga melawan Chile. Negara kembali enam tahun kemudian, tetapi meninggalkan Selandia Baru di babak penyisihan grup tanpa kemenangan atas nama mereka.

Polandia U-17 akan bertemu Argentina, Senegal, dan Jepang untuk pertama kalinya di putaran final Piala Dunia U-17 di Indonesia. Sebuah catatan perjalanan yang diyakin tidak akan mudah dilalui.