Prediksi Premier League Inggris 2023/2024 Sheffield United Vs Manchester United: Butuh Konsistensi
Gelandang ScottMcTominay bakal menjadi pilihan pertama Manchester United menggantikan Casemiro yang absen lawan Sheffield United. (Twitter @ManUtd)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United (MU) hanya butuh konsistensi untuk kembali ke jalur menang. Laga melawan Sheffield United di Premier League Inggris di Stadion Bramall Lane, Sabtu, 21 Oktober malam WIB, seharusnya menjadi pembuktian mudah bagi MU.

Bila tak konsisten, Sheffield jelas menjadi lawan berat MU yang memburu kemenangan kedua setelah menghajar Brentford 2-1 lewat dwigol Scott McTominay di menit terakhir.

Apa pun bisa terjadi bila MU kehilangan momentum dan tidak tahu bagaimana memenangkan laga meski menghadapi lawan yang berada d dasar klasemen. Ya, Sheffield terancam kembali ke Divisi Championship setelah berhasil promosi musim ini.

Saat kembali ke kasta tertinggi, The Blades sepertinya tak memiliki persiapan yang cukup untuk melakoni persaingan. Buntutnya, mereka belum pernah menang selama delapan pertandingan. Sheffield hanya sekali bermain imbang sehingga baru mengantungi satu poin.

Bila tren buruk ini berlanjut dan kembali menelan kekalahan saat melawan MU, maka Sheffield bakal menjadi tim pertama di kasta tertinggi yang hanya meraih satu poin (atau tanpa mendapatkan poin) selama sembilan laga pertama di kompetisi domestik.

Pencapaian buruk itu pernah dilakukan Sheffield pada musim 2020/2021. Hasilnya, mereka menduduki dasar klasemen dan mengakhiri kompetisi dengan turun kasta. Situasi sama di musim ini karena mereka juga berada di posisi paling bawah.

Namun peluang Sheffield meraih kemenangan pertama pun tetap terbuka. Pasalnya, mereka menghadapi tim yang tak berbeda dengan sebuah roaller coaster.

Kadang menang, tetapi MU pun lebih sering kalah yang membuat manajer Erik ten Hag terancam dipecat. Namun klub menepis rumor itu dan memastikan tidak akan memberhentikan eks pelatih Ajax Amsterdam ini.

Bagaimana tidak, MU sudah kalah empat kali dari tujuh pertandingan pertama. Bahkan The Red Devils menelan kekalahan di kandang secara berturut-turut saat menjamu Crystal Palace di Premier League dan kemudian Galatasaray di Liga Champions.

Beruntung, MU bisa menang setelah nyaris tumbang di laga kandang berikutnya melawan Brentford di Old Trafford. Sampai menit 90, MU masih tertinggal 1-0.

Dalam keadaan putus asa karena laga memasuki menit akhir, McTominay yang masuk sebagai pemain pengganti berhasil memborong dua gol. MU pun membalikkan keadaan menjadi menang 2-1 hanya beberapa saat peluit akhir dbunyikan.

Kemenangan atas Brentford seharusnya menjadi titik balik MU untuk bangkit dan tak berlama-lama di papan tengah. Saat ini, MU masih tertahan di peringkat 10 dengan poin 12. Mereka terpaut delapan poin dari pimpinan klasemen Tottenham Hotspur.

MU memang butuh konsistensi untuk membuktikan bila kemenangan di laga terakhir bukan sebuah keberuntungan.

Ten Hag optimistis target tiga poin kembali tercapai di laga tandang. Absennya Casemiro yang cedera engkel saat membela timnas Brasil di kualifikasi Piala Dunia 2026 tidak akan mempengaruhi stabilitas tim.

McTominay bisa mendapat kesempatan menjadi starter menggantikan Casemiro. Kapten timnas Skotlandia ini bakal berduet dengan Christian Eriksen atau Sofyan Amrabat yang sudah pulih dari cedera.

Selain posisi gelandang bertahan, Ten Hag tak mengubah komposisi pemain dengan striker Rasmus Hojlund menjadi ujung tombak. Dirinya didukung Bruno Fernandes dan Marcus Rashford.

Di sektor belakang, bek tengah Lisandro Martinez sudah tidak bisa diharapkan karena cedera kaki yang membuat dia absen cukup lama. Ini berarti Raphael Varane berpasangan dengan Victor Lindelof di jantug pertahanan dan Sergio Reguilon beroperasi di kiri.

Ten Hag berharap kiper Andre Onana tak lagi melakuan blunder atau kesalahan yang tak perlu agar tidak kebobolan. Ini setidaknya membantu MU meraih kemenangan.

Sementara Sheffield kembali kehilangan pemain pilar, Chris Basham, saat kalah 3-1 dari Fulham. Basham menyusul John Egan yang cedera achilles dan mereka harus absen sampai akhir musim.

Dengan absennya Basham, manajer Paul Heckingbottom bakal mengandalkan Jack Robinson bersama Anel Ahmedhodzic dan Auston Trusty di barisan pertahanan. Sedangkan Luke Thomas dan Jayden Bogle bermain sebagai bek sayap.

Pemain pinjaman Manchester City James McAtee dan John Fleck menempati posisi di tengah. Striker Cameron Archer bermain sebagai centre forward dengan dukungan dari Benie Traore dan Oli McBurnie.

Kedua tim memang sama-sama belum konsisten. Namun MU masih di atas angin dan berpeluang memenangkan pertandingan tandang ini.

Prakiraan Susunan Pemain

Sheffield United (3-4-2-1): Foderingham; Trusty, Ahmedhodzic, Robinson; Bogle, Norwood, Souza, Thomas; Hamer, McAtee; Archer

Manchester United (4-2-3-1): Onana; Dalot, Varane, Lindelof, Reguilon; Amrabat, McTominay; Fernandes, Mount, Rashford; Hojlund