Bagikan:

JAKARTA - Kemenangan dramatis. Belanda harus bekerja keras dan butuh penalti di menit terakhir untuk menaklukkan Yunani 1-0 di pertandingan Grup B kualifikasi Euro 2024 di Stadion OPAP Arena, Selasa, 17 Otober dini hari WIB. Hasil itu membuat Belanda membuka harapan lolos ke Jerman meski masih bersaing dengan Yunani

Belanda akhirnya bisa bernapas lega. Bagaimana tidak, Belanda menuai hasil mengecewakan pada laga sebelumnya saat dikalahkan Perancis 2-1 di kandang sendiri.

Kekalahan itu menjadikan Belanda harus bersaing dengan Yunani untuk memperebutkan tiket ke putaran final.

Pasalnya, Belanda yang membantu Perancis lolos ke Jerman. Kemenangan atas Belanda menjadikan Perancis yang bertengger di puncak klasemen mengumpulkan poin 18.

Perolehan poin mereka pun sudah tak bisa dikejar tim yang menduduki peringkat tiga sehingga les Bleus pun mengamankan tiket ke putaran final.

Setelah satu tiket ke Jerman menjadi milik Perancis, kini Belanda dan Yunani yang bersaing mendapatkan satu tiket lagi. Pertandingan Yunani yang menjamu Belanda sesungguhnya menjadi bagian yang menentukan bagi kedua tim.

Belanda yang kemudian berhasil memanfaatkan kesempatan dengan memenangkan pertandingan di kandang lawan. Hasil tersebut menjadikan juara Euro 1988 ini naik ke peingkat dua dengan poin 12. Sama dengan Yunani, namun Belanda unggul selisih gol.

Selain itu Belanda sedikit diuntungkan karena menyimpan dua pertandingan sisa. Sementara, Yunani hanya menyelesaikan satu pertandingan terakhir melawan Perancis. Ini menjadikan Belanda lebih berpeluang lolos. 

Dalam duel itu, Belanda mengalami kesulitan menghadapi Yunani. Meski demikian, tim asuhan Ronald Koeman sempat mendapat peluang unggul lebih dulu setelah menerima hadiah penalti di menit 28.

Hanya saja, eks striker pinjaman Manchester United Wout Weghorst gagal menuntaskan eksekusi penalti. Skor pun tetap 0-0 sampai babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Belanda tak menurunkan tempo permainan. Namun kedua tim kesulitan mencetak gol. Serangan yang membahayakan gawang lawan pun tak pernah bisa dikonversi menjadi gol.

Penantian panjang Belanda akhirnya berakhir setelah kembali mendapat hadiah penalti pada injury time atau menit 90+3.

Kali ini bukan Weghorst yang menjadi eksekutor. Kapten Virgil van Dijk yang melakukannya. Bek Liverpool ini menuntaskan eksekusi dengan baik.

Ini menjadi satu-satunya gol yang tercipta. Belanda pun menutup laga dengan kemenangan 1-0.