Giroud Jadi Kiper, Milan Kalahkan Genoa untuk Rebut Puncak Klasemen
Striker Olivier Giroud (kanan) menjadi kiper saat membawa AC Milan menang 1-0 atas Genoa di pertandingan Serie A Italia. (Twitter @acmilan)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan memanfaatkan kegagalan rival satu kota, Inter Milan, meraih poin penuh. Milan pun sukses mengudeta Inter dan merebut puncak klasemen Serie A Italia setelah menang tipis 1-0 atas Genoa di Stadion Luigi Ferraris, Minggu, 8 Oktober dini hari WIB.

Milan melakoni pertarungan ketat demi naik takhta. Kemenangan tim baru ditentukan menjelang akhir waktu normal setelah Christian Pulisic membobol gawang lawan.

Saat memasuki injury time, pertandingan kian panas. Bahkan kedua kiper yang berdiri di bawah mistar mendapat kartu merah.

Kiper Milan Mike Maignan yang pertama kali dikartu merah setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Caleb Ekuban pada menit 90+9.

Maignan sempat menjalani perawatan. Namun dia kemudian dikartu merah. Karena jatah pergantian pemain Milan sudah habis, maka pelatih Stefano Pioli tak bisa memasukkan kiper cadangan.

Buntutnya striker Olivier Giroud yang mengambil alih posisi kiper. Penampilan Giroud ternyata tidak kalah ciamik.

Dirinya melakukan dua penyelamatan gemilang, termasuk saat eks striker tim nasional Perancis ini meninggalkan gawang untuk menggagalkan upaya dari George Puscas.

Saat pertandingan tersisa dua menit lagi, giliran kiper Genoa Josep Martinez yang harus meninggalkan lapangan karena mendapat kartu merah. Martinez melakukan pelanggaran terhadap Yunus Musah di menit 90+13.

Namun Genoa masih memiliki jatah pergantian pemain sehingga bisa memasukkan kiper Nicola Leali. Dia masuk menggantikan Koni de Winter untuk mengambil alih posisi Martinez.

Tidak ada perubahan skor meski terjadi pergantian dua kiper. Skor tetap 1-0 untuk Milan dan saat peluit akhir dibunyikan, pemain Rossoneri menyerbu dan memeluk Giroud.

"Saya sesungguhnya tak pernah merasakaan momen seperti ini. Saya bangga pada tim. Kami bertarung sampai akhir," kata Giroud seperti dikutip Football Italia.

"Saya melakukan penyelamatan yang bagus. Tetapi saya beruntung saat bola kemudian melintas di atas gawang. Hanya saja saya tak pernah melakukan pergerakan seorang kiper. Jadi saya merasa sakit di lengan. Tetapi ini tak masalah," ujar dia lagi.

Kemenangan atas Genoa mengantarkan Milan ke puncak klasemen dengan poin 21. Mereka unggul dua poin dari Inter yang turun ke peringkat dua setelah bermain imbang 2-2 melawan Bologna.

Sementara, Genoa masih berkutat di papan bawah. Mereka menduduki peringkat 15 dengan poin delapan.