Manchester United Tumbang 0-1 dari Tangan Crystal Palace di Old Trafford
Joachim Anderson pahlawan kemenangan Crystral Palace di Old Trafford. (foto: twitter @CPFC)

Bagikan:

JAKARTA - Manchester United mengalami kekalahan keempat mereka musim ini di Premier League. Gol cepat dari Joachim Anderson memberikan kemenangan 1-0 bagi Crystal Palace di Stadion Old Trafford pada Sabtu, 30 November.

Setelah merasakan kekalahan dalam pertandingan kandang liga sebelumnya, melawan Brighton, tuan rumah yang tampil di bawah standar sekali lagi tertinggal pada menit ke-25 ketika Joachim Anderson melepaskan tembakan ke sudut atas gawang.

Dengan banyak waktu untuk mencari gol penyama kedudukan di kandang sendiri, peluang yang jelas gagal dimanfaatkan dan penyelesaian akhir yang jauh dari sasaran  terjadi di antara rintik hujan yang menemani kekalahgan Manchester. Sementara kiper The Eagles, Sam Johnstone, justru menikmati siang yang tenang.

Mason Mount melewatkan peluang terbaik United di babak kedua, sementara Palace berhasil mempertahankan kemenangan yang membuat mereka naik ke peringkat kesembilan dalam klasemen, satu tempat di atas juara sepuluh kali Liga Premier.

Dalam sesi pembukaan yang nyaman seperti kemenangan mereka tengah pekan, United memulai dengan bermain menyerang dan mendominasi penguasaan awal. Namun, mereka kebobolan peluang besar pertama ketika Marc Guehi melepaskan crossing bagus ke Andersen yang melebar pada menit ke-11.

Beberapa saat kemudian, Guehi terjebak oleh bola melambung menuju kotak Palace yang ditembakkan oleh Rasmus Hojlund, mampu dihalau Tyrick Mitchell di garis gawang.

Teknik luar biasa yang ditunjukkan oleh bek tengah Andersen ternyata bukan keberuntungan ketika dia mencetak gol ke gawang United setelah 26 menit.

Sundulan bebas Eberechi Eze dari kanan menghindari semua orang, termasuk upaya lemah Hojlund untuk menyundul, hingga bola tersebut dijumpai oleh tendangan voli yang cemerlang oleh bek asal Denmark tersebut ke sudut atas gawang.

Gol tersebut meningkatkan kepercayaan diri Palace setelah serangan cepat United melihat Casemiro yang melepaskan tembakan jarak jauh namun melebar tipis. Permainan United terlalu terpecah belah dan serangan terlalu sering gagal ketika bola mencapai Casemiro yang justru kehilangan kontrol di lapangan tengah.

Tekanan ke kotak The Eagles terus berlanjut setelah jeda dengan umpan terus-menerus dikirim dari kedalaman dan selalu ditangani dengan baik oleh pertahanan Palace. Salah satu umpan tersebut mengenai tangan Joel Ward, memprovokasi protes penalti keras, tetapi baik wasit Chris Kavanagh maupun VAR tidak bergeming karena lengannya berada di samping dalam tindakan yang jauh dari sengaja.

Kesempatan disia-siakan oleh Mount pada menit ke-70, saat dia bertemu dengan umpan silang Diogo Dalot tanpa kawalan di tiang dekat tetapi mencoba memasukkan sundulannya ke langit - dan hanya berhasil mendaratkannya di Baris F.

Palace lolos melalui dua defleksi berbahaya dari umpan rendah Alejandro Garnacho sebelum Ten Hag mengganti Marcus Rashford dan Mount dalam sepuluh menit terakhir.

Namun, The Eagles berhasil mengatasi serangkaian umpan panjang yang dilemparkan ke kotak mereka untuk meraih tiga poin dan meraih kemenangan yang mungkin penting pada musim ini.