Bagikan:

JAKARTA – Indonesia memastikan diri maju ke final Kejuaraan Dunia Beregu Campuran Junior 2023. Tiket didapat Alwi Farhan dan kawan-kawan setelah mengalahkan Taiwan.

Alwi termasuk satu dari tiga wakil yang memberikan kekalahan telak 3-0 atas tim lawan dalam laga yang berlangsung di The Podium, Spokane, Washington, Amerika Serikat, Sabtu, 30 September pagi.

Indonesia merebut poin pertama melalui ganda campuran Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai. Pasangan ini menang tiga game 24-26, 21-19, dan 21-16 atas Bao Xin Da Gu La Wai/Chung Chia En.

Angka kedua yang membawa Indonesia memperbesar jarak poin disumbang Alwi Farhan. Alwi menang dua game langsung 21-12 dan 21-18 melawan Ma Cheng Yi.

Tunggal putra Mutiara Ayu Puspitasari kemudian mengunci kemenangan berikutnya untuk mengamankan tiket final. Mutiara menekuk Peng Yu Wei 21-19 dan 21-18.

Hasil melawan Taiwan ini membalas kekalahan Indonesia pada ajang yang sama tahun lalu. Ketika itu Merah Putih gagal melaju ke babak semifinal setelah dikalahkan Taiwan 0-3.

Indonesia selanjutnya melawan China pada partai final, Minggu, 1 Oktober pagi WIB. China sendiri lolos setelah berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor sama telak, 3-0.

Diketahui, China merupakan tim tersukses dalam sejarah ajang ini. Mereka mengoleksi 13 gelar dibanding satu milik Indonesia. Satu-satunya gelar Indonesia itu didapat pada 2019 lalu di Kazan, Rusia.