Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis Indonesia yang berhasil menjuarai Kejuaraan Dunia Junior Beregu Campuran atau Piala Suhandinata 2024 diguyur bonus sebesar Rp657 juta.

Bakti Olahraga Djarum Foundation dan Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Fadil Imran, masing-masing memberikan Rp457 juta dan Rp200 juta bagi para atlet muda, pelatih, dan tim pendukung.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, mengatakan bahwa bonus tersebut merupakan komitmen mereka buat atlet-atlet berprestasi yang telah mengeluarkan semua kemampuan mereka.

"Semoga dengan apresiasi ini mampu menambah motivasi dan semangat untuk meraih juara lebih banyak lagi di kejuaraan internasional," ujar Yoppy dalam keterangan.

Tim bulu tangkis junior Indonesia sukses keluar sebagai juara setelah di pertandingan final berhasil mengalahkan tuan rumah China dalam sistem poin estefet (relay point) yang baru diuji coba.

Dengan sistem tersebut, Indonesia mengunci kemenangan dengan skor 110-103. Hasil itu sekaligus membayar kegagalan Indonesia di final tahun lalu.

Fadil mengatakan bahwa keberhasilan ini memberikan kebanggaan tersendiri buat Indonesia. Ia pun berharap agar kejayaan bulu tangkis Indonesia pun terus bersinar.

"Sebagai bentuk penghormatan atas torehan prestasi ini, saya memberikan penghargaan kepada mereka yang merupakan putra dan putri terbaik bangsa di bidang bulu tangkis," ujar Fadil.

Ini merupakan gelar kedua Indonesia dari turnamen tersebut. Sebelumnya, gelar pertama dibawa pulang pahlawan bulu tangkis Indonesia pada 2019.

Setelah itu, perjalanan Indonesia mencapai babak semifinal pada 2022 dan final pada 2023. Namun, gelar tahun lalu gagal dibawa pulang Alwi Farhan dan kawan-kawan usai ditekuk China 1-3.