Bagikan:

JAKARTA – Perburuan gelar MotoGP 2024 dipastikan hanya akan menjadi milik Francesco Bagnaia yang keluar sebagai juara di Grand Prix Thailand dan Jorge Martin yang menjadi runner up.

Bagnaia, sang juara bertahan, mendominasi sebagian besar balapan setelah memulai dari posisi pertama dan finis dengan catatan waktu 43 menit 38,108 detik di Sirkuit Buriram, Thailand, pada Minggu, 27 Oktober kemarin.

Bagnaia unggul +2,905 detik dari pesaing gelar pada musim ini Jorge Martin yang finis di urutan kedua dan +3,800 detik dari rookie Pedro Acosta yang melengkapi podium ketiga.

Secara keseluruhan ini merupakan kemenangan kesembilan yang diamankan oleh Bagnaia pada musim ini.

Hasil ini membuat Bagnaia kembali memangkas jarak poin dengan Martin. Rider asal Italia itu sekarang mengoleksi 436 poin di posisi kedua atau terpaut 17 poin dari Martin di tempat pertama klasemen sementara pebalap.

Dengan selisih poin tersebut maka perburuan gelar antara kedua pebalap itu pada musim ini kemungkinan besar akan berlangsung hingga seri terakhir nanti.

Setelah ini kedua nama tersebut akan melanjutkan persaingan mereka di Grand Prix Malaysia pada 1-3 November dan seri terakhir di Valencia, Spanyol, pada 15-17 November.

Sementara itu, Marc Marquez yang finis di posisi ke-11 di Thailand dipastikan keluar dari konstelasi perebutan gelar. Juara dunia MotoGP enam kali itu saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan koleksi 356 poin.

Artinya secara matematis pebalap yang berjuluk The Baby Alien tersebut maksimal hanya mendapat 430 poin saja jika dia berhasil juara di sprint race dan balapan utama dalam dua seri tersisa musim ini.

Marquez sebenarnya tampil bagus di Thailand. Dia sempat mengambil alih posisi terdepan sekalipun memulai balapan dari posisi kelima, tetapi kemudian terjatuh.

Dengan demikian, Marquez sekarang hanya berjuang untuk mengunci posisi ketiga melawan Enea Bastianini yang saat ini duduk di posisi keempat. Keduanya hanya berjarak 11 poin saja.

Klasemen MotoGP 2024 usai Grand Prix Thailand

  1. Jorge Martin 453 poin
  2. Francesco Bagnaia 436
  3. Marc Marquez 356
  4. Enea Bastianini 345
  5. Brad Binder 203
  6. Pedro Acosta 197
  7. Maverick Vinales 180
  8. Fabio Di Giannantonio 165
  9. Franco Morbidelli 155
  10. Aleix Espargaro 143