Bagikan:

JAKARTA – Pebulu tangkis tunggal putri muda Indonesia, Mutiara Ayu Puspitasari, melewati laga pertamanya di Kejuaraan Dunia Junior 2024 dengan mulus untuk mencapai babak ketiga.

Atlet berusia 18 tahun yang mendapat undian kosong di babak pertama itu melanjutkan perjalanannya usai menang atas tunggal Singapura, Chia Xin Ying, dengan skor 21-15 dan 21-15 di Nanchang International Sports Center Gymnasium, China, pada Selasa, 8 Oktober 2024, siang WIB.

Kemenangan ini tidak membuat unggulan keenam itu puas dengan penampilannya. Dia mengaku masih banyak sisi yang harus dievaluasi untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.

"Secara permainan secara keseluruhan memang masih banyak banget yang harus dievaluasi. Hari ini saya masih banyak melakukan kesalahan sendiri, bola yang seharusnya tidak mati jadi mati," ujar dia.

Mutiara menjelaskan bahwa dalam laga ini banyak variasi yang ingin dia lakukan justru malah merugikan dirinya. Padahal, ia sudah beradaptasi dengan lapangan saat bermain di beregu campuran pekan kemarin.

"Saya harus meningkatkan lagi kualitas pukulan di pertandingan selanjutnya," ujar Mutiara.

Mutiara sebelumnya termasuk dalam skuad Indonesia yang memenangi Kejuaraan Dunia Junior Beregu Campuran 2024 pada akhir pekan kemarin usai mengalahkan tuan rumah China di final.

Edisi tahun ini merupakan penampilan ketiga dia di ajang junior beregu campuran itu. Dia sebelumnya sudah membela Indonesia pada edisi 2022 dan 2023.

Pada dua kesempatan itu, Indonesia berturut-turut finis sebagai semifinalis dan runner-up. Pencapaian itu membuat gelar tahun ini spesial buat Mutiara karena merupakan kesempatan terakhir dia main di level junior.

Kemenangan Mutiara lalu diikuti oleh wakil tunggal putri lainnya, Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi. Dhinda menang atas wakil Rumania, Denisa-Maria Muscalu, dua gim langsung 21-4 dan 21-6.

Selain kedua nama itu, kemenangan juga diamankan oleh Sausan Dwi Ramadhani dan Kavitha Nadjwa Aulia.

Sausan mengatasi Maria Wilkinson (Portugal) dengan skor 21-3 dan 21-11. Sementara Kavitha menang dengan skor 20-22, 21-15, dan 21-8 dari pemain Polandia, Kaja Ziolkowska.