Bagikan:

JAKARTA – Indonesia akan bertemu dengan Taiwan pada babak semifinal Kejuaraan Dunia Beregu Campuran Junior 2023 yang memperebutkan Piala Suhandinata.

Alwi Farhan dan kawan-kawan mencapai babak empat besar setelah menang 3-1 atas Prancis pada perempat final di The Podium, Washington, Amerika Serikat, Jumat, 29 September dini hari waktu Indonesia.

Indonesia kecolongan satu angka tersebut pada partai pertama yang menurunkan ganda campuran, Adrian Pratama/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu. Pasangan ini kalah melawan Alex Lanier/Elsa Jacob.

"Kami sudah prediksi, Prancis akan colong satu atau dua poin dari kami dan ternyata kami harus kehilangan poin dari ganda campuran," ujar Manajer Tim Indonesia Armand Darmadji, dikutip situs PB Djarum.

Tiga wakil Indonesia yang turun setelah ganda campuran adalah Mutiara Ayu Puspitasari, Alwi Farhan, dan Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani. Ketiganya kompak menang straight game atas lawan-lawan mereka.

Mutiara Ayu mengalahkan Malya Hoareau untuk menyamakan kedudukan, lalu Alwi menghentikan Lanier untuk membawa Indonesia unggul 2-1. Anisanaya/AZ Zahra kemudian mengalahkan Elsa Jacob/Camille Pognante untuk mengunci kemenangan.

"Ini merupakan kerjasama tim yang baik. Meskipun sempat tertinggal di partai pertama, tiga wakil lainnya bisa memberikan kemenangan untuk Indonesia," kata Armand.

Indonesia selanjutnya akan memainkan babak semifinal melawan Taiwan pada Sabtu, 30 September pukul 07.00 WIB. Taipei mencapai empat besar setelah menang dramatis 3-2 dari Thailand. 

Semifinalis lainnya mempertemukan China dengan Malaysia. Di perempat final, China menang 3-1 dari Jepang, sedangkan Malaysia unggul 3-0 melawan India.