Liverpool Tunggu Tawaran untuk Thiago Alcantara, dan Terus Minati Bruno Guimaraes
Gelandang Thiago Alcantara bisa dilego Liverpool selama jendela transfer bulan Januari (foto: twitter @LFC),

Bagikan:

JAKARTA - Liverpool, dilaporkan bersedia mendengarkan tawaran untuk gelandang Thiago Alcantara selama jendela transfer bulan Januari, mengingat kontraknya di Anfield akan berakhir pada musim panas mendatang. Pemain berusia 32 tahun ini bergabung ke Liverpool dari Bayern Munich pada September 2020, tetapi karirnya di Premier League seriing dihantui  cedera.

Thiago hanya tampil dalam 18 pertandingan di Premier League untuk Liverpool musim lalu. Bermula  sebagai pemain inti dalam 14 pertandingan sebelum mengalami masalah pinggul di akhir musim.

Pemain asal Spanyol ini bahkan belum bermain untuk Liverpool sejak kekalahan 2-1 di markas West Ham United pada 26 April. Kala itu ia tampil selama 31 menit sebagai pemain pengganti.

Menurut laporan Football Insider, Liverpool siap menerima tawaran untuk Thiago Alcantara pada jendela transfer bulan Januari, sehingga masa tinggalnya di Anfield mungkin akan berakhir.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Liverpool bersedia melepaskan pemain ini  mengingat bahwa gaji pemain asal Spanyol tersebut cukup besar di klub.

Liverpool dan Thiago telah membuka pembicaraan tentang kontrak baru untuk sang gelandang, namun klub belum bersedia memberikan perpanjangan kontrak kepada pemain berusia 32 tahun ini saat ini.

Rekam jejak Thiago yang buruk dalam hal cedera dan penampilan sejak bergabung dari Bayern tiga tahun yang lalu menghambat Liverpool untuk menawarkan kontrak baru. Juara Premier League 2020 ini tampaknya ingin melihat peningkatan dalam statistik tersebut sebelum memulai negosiasi lebih lanjut.

Laporan juga menambahkan bahwa Thiago sempat diminati oleh klub-klub di Liga Super Turki dan Liga Pro Saudi selama jendela transfer musim panas. Namun  tidak ada dari calon peminat yang berhasil mengamankan kesepakatan.

Liverpool juga menolak untuk mengakhiri kontrak Thiago, sehingga pemain ini tidak dapat bergabung dengan Trabzonspor di Turki pada September.

Kontrak Thiago Alcantara saat ini akan berakhir pada musim panas 2024, yang berarti pemain internasional Spanyol ini dapat pergi secara gratis jika kesepakatan baru tidak dapat dicapai.

Sementara itu, Liverpool dilaporkan masih tertarik untuk mendatangkan Bruno Guimaraes dari Newcastle United meskipun pemain tersebut akan menandatangani kontrak baru dengan Newcastle. Pemain berusia 25 tahun ini adalah salah satu rekrutan pertama Newcastle setelah diambil alih oleh Public Investment Fund Arab Saudi.

Guimaraes bergabung dengan Newcastle ketika tim tersebut masih berjuang menghindari degradasi. Namun bantuan pemain asal Brasil ini membantu klub menyelesaikan musim 2021-22 dengan baik dan menempati peringkat ke-11 di Premier League.

Menurut laporan jurnalis Italia, Fabrizio Romano, melalui kolomnya di The Daily Briefing, Liverpool masih tertarik untuk mendatangkan Guimaraes meskipun ia sedang bersiap untuk membuat kontrak baru di Newcastle.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa Jurgen Klopp dan hierarki klub tetap mengagumi pemain Brasil ini meskipun gagal membawanya ke Anfield pada jendela transfer musim panas.

Di tengah kepergian pemain seperti Jordan Henderson dan Fabinho ke Liga Pro Saudi, lini tengah Liverpool diperbarui sebelum musim 2023-24. Liverpool berhasil merekrut empat gelandang untuk skuad utama mereka sebelum jendela transfer ditutup, termasuk Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai, Wataru Endo, dan Ryan Gravenberch.

Liverpool puas dengan para pemain yang berhasil mereka bawa ke Anfield, namun kepuasan tersebut tidak mengurangi minat mereka pada Guimaraes.

Meskipun demikian, diberitakan bahwa Guimaraes, yang sudah menyetujui kontrak baru dengan Newcastle, akan tetap bermain di St James' Park hingga musim panas 2028.

Perjanjian verbal telah dicapai antara Guimaraes dan klub atas kontrak baru, yang akan membuat gelandang tersebut mendapatkan bayaran yang jauh lebih besar daripada kontraknya saat ini.

Kontrak baru tersebut akan mencakup klausul lepas senilai sekitar  100 juta pound, memberikan peluang bagi klub-klub potensial seperti Liverpool untuk mengamankan jasanya di masa depan.

Inklusi klausul buy-out (pelepasan) adalah hal yang tidak dapat dinegosiasikan bagi pemain, dan Guimaraes dikabarkan senang dengan perkembangan di Newcastle sejak kedatangannya setahun lalu.

Guimaraes mencetak gol di babak kedua ketika Newcastle menghancurkan Sheffield United 8-0 di Premier League pada hari Minggu, dan tim Eddie Howe akan menghadapi Manchester City dalam EFL Cup selanjutnya.