Menerka Lini Depan Timnas Indonesia U-24 Vs Kirgistan Tanpa Ramadhan Sananta
Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi Kirgistan pada laga perdana penyisihan Grup F Asian Games 2023 tanpa Ramadhan Sananta. (Foto: Cosmas Kopong Beda/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi Kirgistan pada laga perdana penyisihan Grup F Asian Games 2023. Pada laga ini, Skuad Garuda Muda tak akan diperkuat sang striker andalan, Ramadhan Sananta.

Sananta akhirnya tak ikut rombongan tim karena tak mendapatkan izin dari klub Persis Solo. Padahal, namanya sudah didaftarkan karena awalnya sudah diberi lampu hijau dari klub Liga 1 tersebut.

Ketidakhadiran Sananta jelas sangat disayangkan. Namun, pelatih Timnas U-24, Indra Sjafri, masih punya beberapa pemain depan untuk jadi tumpuan.

Pertama adalah Titan Agung. Pemain ini posisinya sama dengan Sananta, yakni penyerang murni.

Memang, performanya di klub dan timnas tak semenonjol Sananta. Titan baru dua kali bermain untuk Bhayangkara FC dan belum mencetak gol ataupun assist.

Selain Titan, sebenarnya ada nama Egy Maulana Vikri, Hugo Samir dan Ramai Rumakiek. Nama pertama mungkin punya pengalaman dan performa yang matang.

Akan tetapi, Egy bukan tipikal penyerang murni karena lebih sering beroperasi di sisi sayap.

Sementara Hugo dan Ramai juga kurang lebih sama. Selain itu, keduanya juga masih meragukan jika harus jadi pilihan utama mengingat jam terbang keduanya yang minim.

Pelatih Indra tentu telah mengantisipasi hal ini saat memanggil skuad timnas U-24 untuk berlaga di Asian Games 2022. Dengan melakukan beberapa penyesuaian, pria yang membawa Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023 itu mungkin akan memfungsikan Titan sebagai nomor sembilan palsu (false nine) untuk lebih membuka ruang bagi para pemain sayap untuk dapat mengancam gawang Kirgistan.

Formasi 4-3-3 yang menjadi kegemaran pelatih Indra kemungkinan besar akan kembali diterapkan pada pertandingan pertama fase grup Asian Games.

Posisi kiper berpeluang besar kembali menjadi milik Ernando Ari. Sedangkan di lini belakang, kuartet Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Andy Setyo, dan Haykal Alhafiz kemungkinan dimainkan sejak awal.

Di lini tengah, Ananda Raehan akan mengisi posisi gelandang bertahan. Sedangkan Syahrian Abimanyu dan Muhammad Taufani ditugaskan untuk menjadi penyalur bola bagi para pemain depan.

Untuk lini depan, kemungkinan pelatih Indra akan memainkan trio Egy, Hugo, dan Titan. Titan mungkin akan ditugaskan sebagai pembuka ruang, untuk memberi peluang Egy dan Hugo untuk melakukan penetrasi ke kotak penalti Kirgistan, demikian yang disitat dari Antara.