Preview Pertandingan Asian Games 2023 Timnas Indonesia U-24 Vs Kirgistan: Kondisi Garuda Muda Tidak Ideal
Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi Kirgistan di laga perdana Asian Games 2023. (Foto: Twitter/@TimnasIndonesia)

Bagikan:

JAKARTA – Tim nasional (Timnas) Indonesia U-24 dalam tidak kondisi yang begitu ideal saat menghadapi Kirgistan pada laga perdana penyisihan Grup F Asian Games 2023. Pertemuan Indonesia dan Kirgistan akan berlangsung di Stadion Zhejiang Normal University East Stadium, China, Selasa, 19 September 2023 pukul 17.30 WIB.

Skuad yang dipimpin oleh Indra Sjafri tersebut sebelumnya menjalani latihan terakhir di Jakarta hanya diikuti oleh 15 pemain saja dari 22 nama yang dipanggil.

Meski demikian, sebanyak 16 pemain kemudian berangkat pada Sabtu, 16 September dini hari WIB. Sisanya enam pemain menyusul skuad pada Minggu, 17 September kemarin.

Namun, dua nama di antaranya sudah dipastikan tidak akan bisa membela timnas karena alasan berbeda. Nama pertama adalah Beckham Putra yang masih cedera.

Kemudian nama kedua adalah Ramadhan Sananta. Pemain milik Persis Solo ini tidak bisa dilepas oleh klubnya karena kebutuhan untuk mengarungi Liga 1 Indonesia yang tengah berjalan.

Persis dalam keterangan mengatakan krisis pemain yang mereka alami di lini depan membuat izin untuk Sananta tidak dikeluarkan. Padahal, sebelumnya mereka sudah mengiyakan jika merujuk pengakuan Indra Sjafri.

Dalam latihan terakhir di Senayan sebelum bertolak ke China, Indra mengatakan semua klub yang pemainnya dipanggil sudah oke. Beberapa klub, mengajukan syarat pemain mereka dilepas belakangan setelah Liga 1 akhir pekan kemarin.

"Saya berterima kasih karena semua klub mau melepas pemainnya, termasuk klub-klub yang ada tiga pemain mereka yang dipanggil," ujar juru taktik berusia 60 tahun itu dalam latihan, Jumat, 15 September lalu.

Ketiadaan Sananta di lini depan membuat Indonesia pun tinggal berharap kepada Titan Agung. Kondisi ini jelas akan mengusik target Indonesia untuk lolos dari grup.

Untuk langsung lolos ke babak gugur, Indonesia harus menyelesaikan fase grup sebagai dua tim terbaik. Finis di posisi ketiga pun kans ke knockout terbuka sebagai empat tim runner-up terbaik.

Di Grup F, Indonesia cukup diunggulkan bisa finis sebagai juara grup atau runner-up. Setelah melawan Kirgistan, Indonesia akan bersua dengan Taiwan dan Korea Utara.

Prediksi susunan pemain:

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Bagas Kaffa, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Haykal Alhafiz; Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Taufany Muslihuddin; Egy Maulana Vikri, Tita Agung, Ramai Rumakiek

Pelatih: Indra Sjafri

Kirgistan (3-4-3): Kurmanbek Nurlanbekov; Elaman Akylbekov, Adilet Nurlan uulu, Christian Brauzman; Kimi Merk, Eldiyar Zarypbekov, Arsen Sharshenbekov, Erbol Atabaev; Nurbol Baktybekov, Nurdoolot Stalbekov, Ernaz Abilov

Pelatih: Maksim Lisitsyn