Timnas Indonesia U-17 Berpotensi Ketemu Lawan Berat, Erick Thohir: Kuncinya Kerja Sama dan Nyali
Timnas Indonesia U-17. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Undian Piala Dunia U-17 2023 akan digelar hari ini, Jumat, 15 September. Indonesia berada di Pot 1 dengan status tuan rumah.

Peluang Timnas Indonesia U-17 di fase grup Piala Dunia u-17 2023 untuk bertemu lawan berat tetap terbuka. Di Pot 2 bercokol Inggris, Jepang, Argentina, Korea Selatan.

Lalu di Pot 3 ada Iran, Amerika Serikat dan Senegal. Sementara di Pot 4, Polandia bisa jadi salah satu calon lawan skuad Garuda Nusantara.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir mengatakan, tim asuhan Bima Sakti tak boleh gentar jika nanti berada satu grup dengan tim kuat. Timnas U-17 harus mempunyai nyali yang tinggi.

"Potensi satu grup dengan tim negara yang kuat pasti ada. Namun, saya percaya di olahraga, apalagi di permainan tim, kuncinya adalah kerja sama dan nyali. Kita sering lihat di ajang Piala Dunia, tim unggulan tumbang oleh tim yang di bawahnya," kata Erick, seperti disitat dari Antara.

"Yang pasti ada tantangan ketika Indonesia masuk di Pot 1 sebagai tim unggulan. Tapi mau bilang apa, itu privilege sebagai tuan rumah. Oleh sebab itu, jauh hari kami di PSSI sudah menyiapkan agar timnas Garuda Muda ini benar-benar layak berada di posisi unggulan," lanjutnya.

Nyali itu, kata Erick, akan digembleng pihaknya ketika mengirim timnas U-17 yang dilatih Bima Sakti dan didampingi konsultan pelatih Frank Wormuth itu menjalani melakukan pemusatan latihan di Jerman selama kurang lebih satu bulan yang akan diberangkatkan 16 September nanti.

Di Jerman nanti, Timnas U-17 rencananya akan menggelar beberapa laga uji coba. Selain melawan klub setempat, Garuda Nusantara juga akan bermain melawan timnas negara yang bisa menguji mental dan skill para pemain.

"Pelatnas ke Jerman juga untuk menambah hal-hal non teknis bagi tim sehingga mereka akan terbiasa melawan tim asing, punya nyali kuat, dan terus fight hingga peluit akhir," tegas Erick.