Bagikan:

JAKARTA - Tahun 2024 akan menjadi periode sibuk bagi Timnas Indonesia. Sejumlah kelompok umur akan tampil dan bersaing di berbagai ajang bergengsi sepak bola.

Di awal tahun 2024, timnas level senior akan lebih dulu memulai perjuangannya dengan tampil di ajang Piala Asia 2023. Turnamen level benua itu akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Keikutsertaan timnas senior di ajang tersebut pada 2024 mendatang juga menjadi catatan yang membanggakan. Sebab untuk pertama kalinya sejak 2007 Indonesia bisa kembali tampil di Piala Asia. 

Tim asuhan Shin Tae-yong itu bergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan sesama wakil Asia Tenggara yakni Vietnam. Laga pertama Grup D akan dilalui dengan menghadapi Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, pada 15 Januari 2024.

Pada laga kedua Timnas Indonesia akan melawan Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, 19 Januari 2024. Sementara laga ketiga akan dihadapi dengan melawan Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, 24 Januari 2024.

Tiga bulan berselang, giliran timnas kelompok U-23 yang tampil di ajang Piala Asia U-23. Ajang level junior tingkat benua ini kembali bergulir di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei 2024.

Piala Asia U-23 jadi agenda penting dengan target tinggi karena merupakan pintu gerbang menuju Olimpiade 2024. Kesempatan Indonesia untuk bisa tampil di pesta olahraga dunia itu terbuka lebar jika berhasil keluar minimal sebagai finisher di posisi tiga terbaik, atau melalui babak play off jika mencapai posisi keempat.

Dua agenda yang melibatkan dua kelompok usia timnas itu masih sama-sama di bawahi oleh pelatih kepala Shin Tae-yong. Mengingat kontrak sang pelatih diproyeksikan baru selesai pada Juni 2024, kemungkinan dua agenda itu bakal jadi fokus pelatih asal Korea Selatan. 

Apalagi dua agenda itu juga akan jadi momen penilaian untuk kelanjutan nasib Shin Tae-yong. Andai sukses di dua turnamen tingkat Asia ini, bukan tidak mungkin kontraknya bakal terus berlanjut. 

Pasalnya agenda timnas tak berhenti hingga pertengahan tahun. Pada akhir 2024, turnamen yang sudah menanti skuad Garuda adalah Piala AFF 2024. Turnamen antarnegara Asia Tenggara ini diperkirakan bakal jadi ajang penting bagi wakil Merah Putih untuk kembali mengincar gelar juara perdana sepanjang sejarah.

Agenda tersebut mesti dilalui dengan sungguh-sungguh, apalagi timbul wacana bahwa Piala AFF berpeluang masuk ke kalender FIFA. Kabar ini mencuat setelah Gianni Infantino menyaksikan langsung partai final Piala AFF 2022, Januari lalu. 

Jika itu terjadi, maka kompetisi dua tahunan tersebut akan jadi agenda wajib bagi Timnas Indonesia untuk diikuti.

Selain itu jika Timnas Indonesia lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia maka akan membuat jadwal tim asuhan Shin Tae Yong semakin padat.

Babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan dijalani Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam pada laga home away 12 dan 17 Oktober 2023 mendatang.

Jika memenangkan pertandingan tersebut Timnas Indonesia akan lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dan masuk ke Grup F tergabung bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Agenda tersebut berlangsung mulai 16 November hingga 11 Juni 2024.