Bagikan:

JAKARTA - Timnas Senior Malaysia sudah dinanti jadwal FIFA Matchday pada 24 Januari hingga 1 Februari nanti. Namun, mereka memilih absen dalam laga-laga tersebut dan digantikan oleh para pemain U-23. 

Hal ini dilakukan karena tim berjuluk Harimau Malaya itu tidak punya pelatih. Tan Cheng Hoe yang tadinya menempati jabatan ini memutuskan mundur terkait hasil buruk di Piala AFF 2020.

Terkait absennya timnas senior di agenda FIFA Matchday, Sekretaris Jenderal Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Mohd Saifuddin Abu Bakar punya jawaban sendiri. Ia menyatakan momen tersebut justru akan digunakan sebagai persiapan skuat Harimau Muda sebelum menjalani turnamen Piala AFF U-23.

"Tim U-23 yang sedang bersiap untuk Piala AFF U-23 2022 di Kamboja pada Februari, akan mengisi slot kalender FIFA kali ini (karna tak ada tim senior)," ujar Mohd Saifuddin dikutip dari Bernama.

"Kami sudah menyurati beberapa negara untuk menjalani laga uji tanding internasional dengan tim U-23 mereka atau klub," sambungnya.

Lebih lanjut, sumber yang sama juga membeberkan salah satu faktor lain yang membuat tim senior Malaysia tidak tampil. Hal itu karena para pemain memang sedang menjalani persiapan pramusim jelang liga Malaysia 2022.

Selain mempersiapkan tim untuk Piala AFF U-23, FAM juga tengah membicarakan soal pelepasan pemain guna kebutuhan di SEA Games, juga kualifikasi Piala Asia.

"Kami berharap bisa mendapatkan situasi yang sama-sama menguntungkan dan tidak hanya mereka harus melepas pemain. Mungkin kami bisa menggunakan pemain tertentu untuk satu turnamen dan lainnya pada keperluan selanjutnya," kata Mohd Saifuddin menegaskan.