Bagikan:

JAKARTA – Novak Djokovic keluar sebagai juara US Open 2023 setelah mengalahkan Daniil Medvedev dalam pertandingan final, Senin, 11 September 2023 pagi WIB.

Petenis asal Serbia berusia 36 tahun ini menang straight set 6-3 7-6 (7-5) 6-3 untuk mengamankan gelar Grand Slam ke-24 dalam kariernya. Gelar ini sekaligus menciptakan sejarah.

"Ini jelas sangat berarti bagi saya. Saya benar-benar mewujudkan impian masa kecil saya untuk berkompetisi di level tertinggi dalam olahraga ini, yang telah memberi saya dan keluarga saya begitu banyak hal dari keadaan yang sulit," ujar Djokovic, dilansir BBC Sport.

Di ajang US Open, ini merupakan gelar keempat yang dimiliki oleh Djokovic. Sebelumnya dia memenangi gelar di sana masing-masing pada tahun 2011, 2015, dan 2018.

"Saya tidak pernah berpikir saya akan berada di sini, tetapi beberapa tahun terakhir saya pikir saya memiliki kesempatan untuk mencetak sejarah. Mengapa tidak mengambilnya saat kesempatan itu datang?" ujar dia.

Gelar di US Open tahun ini membuat Djokovic, yang telah melampaui rekor 22 gelar Grand Slam milik Rafael Nadal di awal tahun ini, menyamai rekor gelar legenda tenis Australia Margaret Court.

Petenis yang akan kembali ke peringkat satu dunia itu memiliki peluang untuk melampaui Court di Australia Open pada Januari tahun depan. Di ajang itu dia telah memenangkan rekor 10 gelar sebelumnya.

Djokovic total memenangkan tiga dari empat gelar Grand Slam pada tahun 2023. Prestasi ini membuat dia menjadi petenis putra pertama yang mengukir prestasi ini dalam empat kesempatan.

Di sebelumnya mengukir prestasi yang sama masing-masing di tahun 2011, 2015, dan 2021. Tahun ini dia kehilangan gelar di Wimbledon ketika kalah dari petenis belia Spanyol, Carlos Alcaraz, pada bulan Juli lalu.